Cara Merawat Bonsai Cemara Untuk Pemula

Share:
Meskipun bonsai cemara memiliki tingkat kesulitan yang lumayan pada masa pembentukannya, namun jika untuk proses perawatannya ternyata relative lebih mudah.

Untuk media tanamnya, jika bonsai yang lain harus rutin diganti maka untuk jenis bonsai cemara ini malah sebaliknya.

Untuk bonsai ini, proses penggantian media tanam dan repoting cukup anda lakukan sebanyak 4 sampai dengan 5 tahun sekali.


Jika Anda mengganti media tanam bonsai cemara ini terlalu sering seperti yang dianjurkan pada jenis bonsai lain maka justru akan menghambat dan merusak tanaman cemara tersebut.

Namun upaya perawatan penting yang harus anda lakukan secara rutin adalah pemangkasan. Karena dengan pemangkasan akan menjadikan pertumbuhan ranting dan daun lebih banyak lagi.

Pemupukan dan Penyiraman


Satu hal yang juga harus Anda perhatikan saat sedang membentuk bonsai cemara yang cantik adalah perawatan pertumbuhannya.

Pertumbuhan bonsai ini akan bagus jika kita memberikan asupan makanan atau pupuk yang cukup secara rutin.

Intensitas waktu yang umum digunakan untuk melakukan pemupukan yang tepat pada masa awal pertumbuhan adalah antara dua sampai dengan empat minggu sekali.

Jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk yang mengandung kadar nitrogen yang tinggi seperti pupuk Bayfolan.

Namun, setelah beberapa waktu kemudian jika Anda melihat tanaman cemara telah mengalami pertumbuhan yang pesat, maka sebaiknya rutinitas pemupukan mulai dikurangi.

Selain kegiatan – kegiatan perawatan seperti yang telah dijelaskan diatas, kegiatan perawatan terakhir yang dapat anda lakukan adalah pencegahan hama dan penyakit.

Kegiatan ini dapat anda lakukan dengan cara melakukan penyemprotan menggunakan insektisida atau fungisida secara rutin keseluruhan bagian tumbuhan.