Cara Menanam dan Merawat Bonsai Sawo Agar Banyak Berbuah

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat bonsai sawo memiliki buah yang cukup banyak. Ukuran yang cukup kecil pada tanaman bonsai ini membutuhkan perhitungan yang matang terhadap pemilihan biji ataupun bibit. Apalagi beberapa orang juga menanam jenis bonsai ini di dalam pot yang berukuran sedang. Bila cara ini yang anda lakukan, sebaiknya anda tidak menggunakan biji sebagai bagian untuk memulai mengembangkan tanaman ini. Anda disarankan untuk menggunakan metode stek atau cangkokan yang memiliki peluang lebih baik. Hal penting yang harus anda pertimbangkan adalah bibit tanaman seperti ini memiliki kemudahan dalam merawat.

Pilih media tanam yang baik untuk bonsai sawo

Ada banyak pilihan media tanam yang bisa digunakan untuk tanaman jenis ini. Tentu saja anda lebih harus memaksimalkan unsur hara dari masing-masing media tanam yang digunakan. Semakin banyak unsur hara yang terdapat pada media tanam itu, maka jenis tanaman sawo ini akan lebih mudah untuk tumbuh. Ukuran pot juga memiliki pengaruh terhadap berbagai jenis media tanam yang digunakan. Bila anda lebih memilih untuk menggunakan pot yang cukup besar, mungkin anda bisa mengkombinasikan beberapa media tanam terbaik. Biasanya campuran tanah dengan pupuk kompos akan dicampur dengan sedikit pasar. Kombinasi seperti ini memudahkan akar dari tanaman mendapatkan nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan.

Perbandingan media tanam yang digunakan pada bonsai pohon sawo biasanya 1:1. Perbandingan ini akan melibatkan tanah dengan pupuk kompos yang tidak terlalu basah. Selain itu, campuran dari media tanam ini sebaiknya juga disesuaikan dengan tinggi bagian dalam dari pot. Sehingga terdapat bagian atas yang sedikit kosong untuk tambahan media lainnya atau pupuk. Nutrisi terbaik yang diberikan campuran seluruh media tanam ini sebaiknya tidak mudah terbuang. Beberapa pot yang digunakan tentu memiliki beberapa lubang kecil sebagai saluran pembuangan air. Anda bisa menutup sebagian kecil atau tidak menggunakan banyak lubang. Selain mengurangi pembuangan media tanam, jenis tumbuhan ini juga akan memiliki cadangan air yang lebih banyak.

Perhatikan cara menanam dan perawatan bonsai sawo

Bonsai sawo kecik yang anda tanam akan membutuhkan perhatian besar dan perawatan yang lebih baik. Hal ini dimulai dari teknik menanam yang baik untuk jenis tumbuhan ini. Hal penting yang harus anda perhatikan saat menanam jenis tumbuhan ini seperti:

Bibit yang berasal dari cangkokan biasanya memiliki penutup yang menjaga akar. Anda harus membuat seluruh bagian penutup ini untuk memberikan ruang bagi akar terus tumbuh di media tanam yang baru.
Jangan menempatkan akar bibit pada bagian paling bawah pot. Anda bisa menempatkan media tanam dengan jumlah sedikit di dasar pot, lalu masukkan bibit tanaman ini.
Kondisi media tanam yang berupa campuran tanah dengan pupuk kompos sebaiknya tidak terlalu padat. Selain menyulitkan perkembangan akar, media tanam yang terlalu padat juga akan menghalangi aliran air untuk masuk ke dalam akar. Lakukan penggemburan dengan cukup sederhana.
Anda mungkin memiliki kesempatan untuk menambahkan pupuk pada bagian sekitar bibit ini. Namun, cara seperti ini hanya sebagai pilihan yang bisa dilakukan bila anda merasa bahwa tanaman ini membutuhkan.
Gunakan pot bunga yang tidak terlalu tipis dan tempatkan pot ini di posisi yang teduh atau terhindari dari sinar matahari secara langsung.

Tentu saja anda harus melakukan perawatan rutin pada tanaman ini. Perawatan yang bisa anda lakukan dengan melakukan penyiraman 2 kali sehari dengan air secukupnya. Biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari. Selain itu, anda harus terus melakukan penggemburan bagian atas tanah untuk memudahkan air masuk ke bagian dalam akar. Anda bisa memberikan pupuk tambahan jenis NPK dengan dosis yang tidak terlalu berlebihan.