Cara Memperoleh Bakalan Bonsai Bagus

Seni tanaman bonsai telah menjadi idola pecinta tanaman semenjak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Meski perkembangan pecinta bonsai cukup menggembirakan, namun "kabar buruk" juga mengiringinya. Mencari bakalan bonsai menjadi lebih sulit dibandingkan dengan masa-masa awal seni tanaman bonsai berkembang. Jika mengandalkan menanam bakalan bonsai dari kecil, dibutuhkan waktu yang lama sekali, maka mencari bakalan bonsai setengah jadi dari alam menjadi pilihan. Namun seiring berjalan waktu bakalan bonsai makin sulit dicari.


Beberapa jenis tanaman untuk bonsai seperti Bonsai Serut, Bonsai Asem Jawa, Beringin dan lain sebagainya kini keberadaannya di alam sudah tidak sebanyak dulu lagi. Karena bakalan tanaman bonsai kian sulit diperoleh dari alam, atau jika ada yang cukup menjanjikan tentu harganya juga sudah lumayan tinggi. Nah kita bisa memperoleh bakalan bonsai dengan berbagai cara dan jalan. Tentu dalam mencari bakalan bonsai yang bagus kita harus bersabar dan tenang. Terpenting lagi jangan hanya karena ingin mendapatkan bakakalan bonsai bagus kita merusak alam.

Cara Memperoleh Bakalan Bonsai

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan dalam memperoleh bakalan bonsai bagus tanpa merusak alam:

1. Mencari Bakalan Bonsai Dari alam

Cara memperoleh bakalan bonsai seperti ini nampaknya adalah cara yang paling instan dan lebih cepat dalam memperoleh bakalan bonsai idapan. Kebanyakan bakalan bonsai dari jenis tanaman ficus dapat ditemukan menempel dipohon lain ,misalnya di atas pohon kelapa, kelapa sawit, pohon yang sebagian, menempel diatas bangunan tua, tumbuh dipinggiran sungai , batu-batu karang, dan lain sebagainya . Bakalan bonsai dari alam ini memiliki keunggulan bentuknya yg sudah terbentuk oleh alam (karena tiupan angin, kerdil karena kurang makanan). Namun seperti diuraikan di atas tadi semakin lama semakin sedikit bakalan bonsai dari alam.

2. Memperoleh Bakalan Bonsai Dari Cangkok

Tidak semata-mata cangkok saja namun bisa juga mendapatkan bakalan bonsai dari okulasi dan stek jika tanaman bakalan bonsai bisa dilakukan seperti itu. Mendapatkan bakalan bonsai dengan cangkok batang bisa memilih batang yang sudah memenuhi bentuk bakalan bonsai yang bagus. Cara ini mungkin lebih ramah lingkungan dan tidak merusak alam, karena pohon asli masih ada dan tidak rusak.

3. Membuat Bakalan Bonsai Dari Biji

Memperoleh bakalan bonsai dari biji merupakan cara yang paling bagus dari sudut pandang kelestarian lingkungan . Tanaman bakalan bonsai yang bisa dibuat dari biji misalnya sawo, jeruk lingkit dewa daru, nam nam, dan lain sebagainya. Namun mendapatkan bakalan bonsai dari persemaian dari membutuhkan kesabaran dan butuh waktu yang cukup lama bahkan bertahun-tahun. Namun cara ini memiliki keunggulannya dalam membentuk gaya atau style bonsai yang bisa kita rencanakan dari kecil.

Memperoleh bakalan bonsai yang ideal memang pekerjaan yang memiliki seni tersendiri, seperti halnya merawat tanaman bonsai itu sendiri. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan dalam memilih bakalan bonsai, yang terpenting jangan merusak alam.