Cara Membuat Bonsai kimeng

Share:
Untuk membuat tanaman berakar kokoh ini bukanlah suatu pekerjaan yang terlalu rumit. Bahkan bisa dikatakan sangat mudah. Kita hanya perlu kesabaran dan ketelatenan.

Berikut ini kami akan jelaskan tentang teknik singkat dalam membuat bonsai kimeng;


1. Mencari bakalan bonsai terbaik


Tahap pertama yang harus kita persiapkan dan lakukan untuk menanam tanaman ini adalah mencari bakalan atau bonggol kimeng yang telah tumbuh baik dan sehat.

Kita bisa mendapatkan bonggol kimeng dengan cara mencangkok, stek ataupun dengan teknik ground (penanaman langsung didalam tanah/ penyemaian biji).

2. Media tanam


Persiapkan juga media tanam kimeng. Berupa pot dangkal yang disesuaikan dengan ukuran bonggol kimeng.

Kemudian isilah pot tersebut dengan bahan campuran berupa kerikil dan tanah yang mempunyai tekstur padat serta mengandung sedikit unsur hara.

Selanjutnya siapkan juga kawat stenliss berukuran 3 mm serta gunting tanaman yang akan digunakan untuk membentuk tanaman berakar kokoh ini.

3. Mendesain bonsai


Pada tahap ini kita sudah bisa mulai mendesain bentuk tanaman bonsai berakar ini dengan menggunakan teknik pelilitan kawat seperti pada pembuatan bonsai-bonsai yang lain.

Pada tahap ini Kita dituntut untuk berkreasi menurut diri Kita. Bentuk bonsai yang dihasilkan nantinya tergantung dengan kretifitas diri Kita masing-masing.

No comments