Bonsai Kimeng (Ficus Microcarpa)

Share:
Bonsai kimeng (Ficus Microcarpa), ya dari namanya saja mungkin akan terdengar sedikit aneh ditelinga Kita. Tidak sepopuler seperti nama-nama tanaman bonsai keren yang lain seperti; anting putri, kemuning, kamboja, sancang dan jenis-jenis bonsai yang lainnya.

Namun jangan salah, nama boleh asal tapi untuk kualitas, bonsai yang satu ini bisa diadu. Dikalangan pecinta bonsai, tanaman ini juga biasa dikenal sebagai Bonsau beringin Thailand.


Bahkan jika dijajarkan dengan jenis bonsai lainnya bisa dibilang bonsai ini termasuk salah satu bonsai favorit yang banyak dicari oleh para penggemar tanaman hias.

Tanaman berakar ini sebetulnya masih satu jenis dengan keluarga tumbuhan beringin atau Ficus Benyamina.

Jenis tumbuhan ini sangat banyak dijumpai di Indonesia, karena bentuknya yang rimbun tanaman ini biasanya menjadi tanaman hijau yang banyak ditanam di taman-taman kota, pinggir jalan serta halaman-halaman perkantoran.

Karakteristik tanaman secara normal biasanya akan tumbuh menjulang dengan banyak cabang dan ranting sehingga tampak rimbun.

Mempunyai bentuk daun yang kecil dan berwarna hijau. Tanaman ini juga mempunyai akar napas yang keluar diantara cabang-cabangnya.

Sehingga jika dijadikan bonsai, tanaman ini akan menghasilkan bentuk bonsai yang kokoh dan super keren.

Nah, keindahan bentuk akar inilah yang menjadikan tanaman ini sebagai primadona dan pilihan bagi para seniman maupun para kolektor bonsai.