Bonsai Bunga Kertas atau Bougenville (Chrysogonum Peruvianum)

Share:
Bonsai Bunga bougenville atau biasa yang kita kenal dengan Bonsai Bunga kertas adalah salah satu tanaman hias yang biasa dibudidayakan dan dipelihara oleh wanita Indonesia.

Jika teman-teman amati dan teliti, ketika kita mengetik kata “bunga kertas” di wikipedia maka yang muncul bukanlah bunga kertas yang biasa kita kenal, melainkan bunga yang berasal dari famili Daisy atau jika dalam bahasa latin bernama zinnia (Chrysogonum Peruvianum).


Alasan utama mengapa bunga ini dinamai dengan bunga kertas adalah karena karakter bunga tersebut mirip sekali dengan kertas, tipi dan ringan.

Adapun penamaan bunga bugenvil (bougenville dalam bahasa Inggris) sendiri berasal dari seorang penemunya, yaitu Sir Louis Antoine de Bougainville.

Sir Louis Antoine de Bougainville adalah seorang prajurit angkatan laut berkebangsaan Perancis. Selain bunga, namanya juga digunakan sebagai nama pulau terbesar di Papua Nugini.

Indah atau tidaknya bunga kertas sangat ditentukan oleh perawatannya. Semakin baik perawatannya maka semakin indah juga rupanya.

Sedangkan bunga bogenvile sendiri berasal dari Amerika Selatan, mulai dari Brasil bagian barat menuju ke Peru dan Argentina bagian selatan.

Namun semakin berkembangnya waktu bunga inipun semakin banyak tersebar di seluruh dunia, Sehingga banyak pula orang yang menyebutnya dengan berbagai aksen dan bahasa.

Misalnya saja Buganvilla (Spanyol), Bugambilia (Meksiko, Guatemala, Kuba, Filipina), pokok bunga kertas Negara (Indonesia), ” ‘Bougenville”‘ (Pakistan), NapoleĆ³n (Honduras), Veranera (Kolombia, Nikaragua, El Salvador, Kosta Rika dan Panama), trinitaria (Kolombia, Panama, Puerto Rico, Republik Dominika & Venezuela), Santa Rita (Argentina, Bolivia, Brazil, Paraguay dan Uruguay) atau papelillo (Peru utara).