Aneka Macam Jenis Bonsai Beserta Harganya

Memiliki rumah yang asri tentu menjadi keinginan atau dambaan setiap orang. Namun hal tersebut tidak dapat dilakukan setiap orang. Hal ini dikarenakan tidak semau rumah memiliki halaman yang luas untuk menanam pohon. Terlebih mereka yang tinggal diperkotaan. Untuk mendapatkan lahan untuk menanam pohon sangatlah susah karena rumah mereka yang langsung berdempetan dengan jalan sehingga tidak ada lahan untuk menanam pohon. Namun meskipun begitu, anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada tanaman yang tidak membutuhkan lahan yang besar dan cukup menggunakan pot saja. Tanaman tersebut dinamakan bonsai. Saat ini anda dapat memilih berbagai tanaman bonsai baik pohon ataupun jenis bunga. Untuk harga bonsai sendiri cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal.

Mengenal jenis-jenis bonsai

Tanaman bonsai saat ini menjadi solusi atau alternatif yang dapat anda gunakan jika anda menginginkan pohon kerdil yang mampu menjadikan rumah anda menjadi asri dan segar kembali. Bonsai sendiri ada bermacam-macam, seperti bonsai serut, bonsai kelapa, bonsai santigi dan lain sebagainya. Harga bonsai juga bermacam-macam sesuai dengan jenis tanaman yang dibonsai. Semakin langka tanaman tersebut maka akan semakin mahal harga bonsainya. Bonsai serut menjadi salah satu primadona karena memiliki bentuk yang bertekstur, daun berukuran kecil, batang berwarna putih dan daun beserta buahnya berwarna hijau. Bonsai ini sangat menarik dan mampu mempercantik rumah anda. Harga bonsai serut bervariasi sesuai dengan umur bonsai tersebut.

Bonsai serut juga memiliki nama lain yang beragam seperti streblus asper, sandpaper tree, siamese rough bush, atau toothbrush tree. Nama-nama tersebut sangat unik. Model-model yang dibentuk dari pohon ini juga berbeda-beda. Bentuk ini akan mempengaruhi nilai jual bonsai. Jika anda menginginkan bonsai yang sudah berbunga dan memiliki bentuk unik, maka anda harus merogoh kocek yang dalam karena bonsai-bonsai ini memiliki harga bonsai yang beragam.Harga bonsai serut berkisar antar 2 juta hingga 6 juta rupiah. Harga tersebut dapat berubah sesuai dengan model dan juga umur dari bonsai itu sendiri. Semakin tua umurnya maka harga semakin mahal.

Jenis bonsai berikutnya yang tidak kalah menarik adalah bonsai kelapa. Semua orang pasti tahu jika kelapa memiliki batang yang panjang dan tingginya dapat mencapai 7 meter. Namun saat pohon ini dikerdilkan, maka kesenian yang ada pada bonsai sudah tidak diragukan lagi. Harga bonsai kelapa juga tinggi bahkan jika bonsai tersebut membentuk tanaman atau hewan, maka harga bonsai tersebut akan melambung jauh lebih tinggi lagi. Namun harga tersebut sesuai dengan bonsai yang akan anda miliki karena untuk membentuk bonsai juga membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam waktu yang lama.

Bonsai selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah bonsai santigi. Bonsai ini memiliki batang dan daun yang kecil-kecil. Harga bonsai santigi beragam. Mulai dari yang murah hingga yang mahal semuanya memiliki keistimewaannya sendiri-sendiri karena memang tidak mudah membentuk pohon ini menjadi bonsai yang indah. Oleh karena itu tidak mengherankan jika harga bonsai tersebut cukup mahal.

Bonsai selanjutnya adalah bonsai cemara udang. Harga bonsai cemara udang sangat mahal jika bonsai tersebut berusia tua. Harga bonsai memang sangat beragam namun semuanya sangat masuk akal mengingat perawatan dan pembuatan bonsai yang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Terlebih model yang ditawarkan juga bermacam-macam.