7 Langkah Membuat Bonsai Adenium

Share:

1. Pemilihan Bakalan Bonsai


Untuk membentuk tanaman berbunga ini menjadi t bonsai, maka langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari bakalan Adenium yang sehat dan berbonggol besar.

2. Mendesain atau Membuat Pola


Setelah memilih bakalan bonsai baru kita bisa mendesain bonsai sesuai dengan selera kita.


Ada beberapa bentuk bonsai yang dapat kita terapkan pada tanaman Berbonggol ini, seperti gaya tegak, formal, dan juga gaya broom atau gaya sapu terbalik.

3. Pemilihan Cabang


Selanjutnya pilih cabang dari tanaman Kamboja yang akan kita bonsai, ukurannya kira-kira sebesar jari telunjuk,

Hal ini penting agar sewaktu melilitkan kawat cabang akan terasa lebih lentur dibandingkan dengan cabang yang berukuran lebih besar.

4. Pelilitan Cabang


Kemudian lilitkan cabang tanaman tersebut dengan kawat alumunium yang telah kita siapkan untuk bonsai lalu bentuklah cabang tersebut sesuai dengan bentuk yang kita inginkan.

5. Pembuatan Pola ke 2


Buat cabang yang terlilit kawat tersebut bengkok sampai membentuk sudut 60 derajat dari posisinya semula.

Lama pemasangan kawat lilit ini berbeda-beda sesuai dengan umur adenium tersebut.

Untuk tanaman adenium yang masih muda, maka kawat lilit dipasang selama kurang lebih dua sampai tiga minggu.

Sementara untuk tanaman yang telah tua, maka lama waktu pemasangan kawat lilit tersebut kurang lebih sekitar dua bulanan.

Lama waktu pemasangan kawat lilit tersebut bertujuan agar bentuk tanaman yang telah dililit tidak bisa kembali lagi kebentuk semula.

6. Pemangkasan Cabang ke 2


Jika pemasangan dan pelilitan kawat telah usai, selanjutnya lakukan pemangkasan cabang serta daun sesuai dengan bentuk yang kita inginkan.

Tidak ada aturan baku dalam proses pemasangan kawat dan pemangkasan ini, sehingga dibutuhkan kreasi serta imajinasi dari kita sendiri untuk membuat bonsai yang sesuai dengan keinginan kita masing- masing.

Namun tentunya kita harus memperhatikan proses pemangkasan ini agar bentuknya teatp proporsional, sehingga akhirnya dapat menghasilkan tampilan bonsai Adenium yang indah, cantik dan eksotik.

7. Penyiraman yang cukup


Karena tanaman ini merupakan tanaman yang banyak mengandung air, maka hindari penyiraman yang terlalu sering atau berlebihan. Karena jika tanaman ini mendapat air yang berlebihan justru akan merusak tanaman itu sendiri.

Penyiraman sendiri paling sering dilakukan sebanyak 2 hari sekali dan itu sudah lebih dari cukup.

Proses ini setidaknya akan memakan waktu kurang lebih 4 – 5 bulan, sampai bonsai Adenium berubah menjadi bentuk yang sesuai dengan yang kita harapkan.