Tips Dalam Merawat Tanaman Bonsai Mahal

Share:
Merawat bonsai mahal-Jepang biasanya menggunakan istilah bonsai yang merupakan wadah untuk melestarikan seni tradisional dalam memelihara sebuah tanaman di dalam pot dangkal.

Orang Jepang mengapresiasi tanaman bonsai berdasarkan bentuk daunnya, akar pohonnya, batangnya, ranting, serta pot yang digunakan. Semakin unik, bagus dan sehat bonsai yang dimiliki, maka semakin tinggi pula harga jual di pasaran. 


Oleh sebab itu, perlu adanya perawatan bonsai yang tepat, supaya mendapatkan bonsai yang indah, unik nan sehat.Perawatan bonsai ini memerlukan ketekunan, ketelitian, kreatif serta kesabaran ketika merawat bonsai. Adapun perawatan bonsai yang perlu anda ketahui dan anda coba lakukan ialah:

Melakukan penyiangan


Penyiangan dilakukan pada bonsai karena rentan terhadap perkembangan gulma atau rumput yang tidak berguna karena akan memperebutkan zat makanan.

Oleh karena itu diperlukan penyiangan untuk memberantas gulma-gulma yang ada sehingga bonsai bisa tumbuh subur dan normal sehingga dapat berkembang biak.

Penyiangan bisa dilakukan dengan memberikan lumut hijau atau mos pada media tanam. Lumut hijau atau mos bisa kita jumpai di pagar-pagar atau selokan rumah, fungsi lumut sendiri yaitu sebagai penanda kelembapan tanahnya. Apabila warna lumutberubah coklat, perlu disiram karena tanahnya kurang lembab.

Melakukan penyiraman


Yang perlu diperhatikan juga dari perawatan bonsai ialah saat menyiram air sebaiknya kita menggunakan air hujan atau air tanah karena air tersebut jernih, bersih, bebas ber-PH atau memiliki PH netral.

Pada saat musim hujan biasanya penyiraman dilakukan pada saat pagi dan sore hari. Sedangkan untuk musim kemarau, penyiraman dilakukan beberapa kali sesuai dengan kebutuhan tanaman bonsai.

Hal yang perlu diperhatikan yaitu keluarnya sebagian air melalui lubang dasar pot supaya setiap ujung akar tanaman bonsai bisa memperoleh air yang cukup serta mencegah terjadinya pembusukan akar bonsai apabila air tidak mengalir dari lubang di dasar pot.

Untuk mengecek kelembapannya, bisa menggunakan tusuk gigi dengan cara menusukkannya ke dalam tanah.

Melakukan pemangkasan akar dan tanaman


Dikarenakan akar bonsai akan mengalami pertumbuhan yang terus menerus diperlukan adanya pemangkasan akar. Perawatan bonsai seperti ini dilakukan supaya akar bonsai tidak memenuhi pot sehingga memudahkan air dan udara meresap ke dalam tanah.

Sedangkan pemangkasan tanaman dilakukan untuk memperoleh tajuk bonsai supaya terlihat indah. Untuk membentuk bonsai harus memperhatikan cabangnya yang selalu mengecil hingga tajuknya.

Pemberian pupuk


Perawatan bonsai yang sangat perlu anda perhatikan adalah pemberian pupuk. Pemberian pupuk pada bonsai diperlukan supaya tumbuh sehat sehingga bisa hidup hingga puluhan bahkan ratusan tahun lamanya.

Pemberian pupuk pada bonsai juga perlu diperhatikan, apabila terdapat kesalahan dalam pemberian pupuknya bisa mengakibatkan pertumbuhannya terlalu subur, bisa juga mengakibatkan

pertumbuhannya menjadi tidak subur. Pupuk yang digunakan biasanya NPK atau urea dan dilakukan selama satu bulan sekali. Untuk pupuk daunnya biasanya diberikan tika kali setiap bulannya.


Melakukan pengendalian hama dan penyakit


Perawatan bonsai yang yang perlu anda perhatikan yang terakhir adalah perlu dilakukan pengendalian terhadap tanaman bonsai supaya terhindar dari pengganggu yang bisa menyebabkan keindahan bonsai tersebut berkurang, beberapa pengganggu bonsai yang harus dihindari yaitu:
  1. Hewan peliharaan seperti kucing, anjing, ayam biasanya merusak tampilan pada tanaman.
  2. Hama seperti ulat, belalang, wereng, semut, kutu daun, rayap, tungau dan serangga. Cara yang paling mudah untuk membasminya yitu dengan menyemprotkan insektisida.
  3. Penyakit yang menyerang bonsai biasanya disebabkan karena virus, bakteri atau jamur. Cara menanggulanginya juga sama yaitu dengan menyemprotkan insektisida.
Nah, itulah beberapa perawatan bonsai yang perlu anda ketahui dan anda coba. Semoga bermanfaat.