Teknik Memangkas Batang Daun Cabang Bonsai

Pemangkasan batang bonsai-Pemangkasan pada daun, cabang dan akar tanaman memang harus dilakukan dengan rutin. Pemangkasan ini bertujuan agar tanaman terlihat kerdil.

Jangan biarkan batang tanaman tetap tumbuh membesar, karena jika tanaman tumbuh membesar, berarti tanaman tersebut tidak pantas untuk dijadikan tanaman bonsai.

Pemangkasan harus dilakukan pada tanaman yang sehat atau pun tanaman yang sedang sakit. Pada proses pemangkasan ini memang tidak membedakan yang mana tanaman sehat atau pun yang sakit.


Walaupun tanaman tersebut sudah terlihat kerdil, tanaman tersebut tetap harus dilakukan pemangkasan pada daun, cabang dan akar tanaman. Karena pemangkasan juga dapat membantu memperindah tanaman bonsai.

Pemangkasan cabang Bonsai

Jenis tanaman bonsai ini memiliki keindahan pada cabang nya. Maka dari itu, kita harus melakukan pemangkasan pada cabang nya agar kelihatan menarik.

Pemangkasan cabang ini sama saja seperti kita membentuk cabang tanaman, maka dari itu, untuk proses pemangkasan cabang harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Jika pemangkasan pada cabang tanaman mengalami kegagalan, maka nilai jual dari tanaman bonsai ini akan jatuh. Karena bentuk tanaman ini sudah tidak sempurna lagi.

Pemangkasan akar Bonsai

Untuk melakukan pemangkasan pada akar tanaman, harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Karena akar merupakan sumber dari kehidupan tanaman.

Jika kita mengalami kesalahan pemangkasan pada akar, maka akibatnya akan fatal sekali. Tanaman bonsai bisa mengalami kelayuan, bahkan tanaman dapat mengalami kematian.

Tetapi, jika pemangkasan akar dilakukan dengan cara yang tepat. Maka akar tanaman bisa merangsang pertumbuhan akar yang baru.

Akar tanaman yang baru dapat membuat tanaman menjadi subur dan dapat menjalar ketanah yang lain, sehingga dapat melakukan pembentukan tanaman yang baru.

Pemangkasan daun Tanaman Bonsai

Pemangkasan pada daun ini tidak boleh dilakukan secara rutin, karena jika dilakukan dengan terus menerus. Maka tanaman tersebut akan terlihat tidak bagus, karena daun yang lebat dapat membantu memperindah tanaman tersebut.

Pemangkasan pada daun harus dilakukan pada ujungnya saja, karena tunas daun yang baru akan muncul kembali pada daerah yang dilakukan pemangkasan tersebut.

Jika ingin melakukan pemangkasan pada daun, kita harus memangkas daun yang tua terlebih dahulu. Jangan biarkan daun yang masih mudah ikut terpangkas juga.