Persiapan Penanaman Bonsai Adenium Pot

Persiapan Penanaman Bonsai Adenium Pot – Sebelum memulai melakukan penanaman pada tanaman adenium bonsai, maka ada baiknya jika kita melakukan persiapannya terlebih dahulu. Untuk melakukan persiapan sebelum proses penanaman di lakukan, sebaiknya harus di lakukan secara baik dan juga benar.

Persiapan ini biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama, karena persiapan yang baik dan benar maka akan mendapatkan hasil yang baik pula. Persiapan yang di lakukan sebelum proses penanaman ini biasanya seperti mempersiapakan pot yang tepat, dan melakukan pemilihan media tanam yang cocok untuk tanaman.

Berikut ini kita akan membahas, tentang melakukan persiapan sebelum melakukan peroses penanaman. Jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, maka anda dapat melihatnya di bawah ini :

Persiapan Penanaman Bonsai Adenium Pot

Dalam melakukan proses penanaman, pemilihan pot yang tepat untuk jenis tanaman hias adenium bonsai ini juga harus di lakukan. Pot atau wadah yang di gunakan untuk penanaman pun harus berbahan dasar pelastik dan juga harus berbentuk membulat.

Tetapi apa pun jenis potnya, pastinya harus di sesuaikan dengan tanaman hias adenium bonsai. Jika tanaman bonsai memiliki ukuran yang lebih besar, maka pot atau wadah yang akan di gunakannya pun juga harus memiliki ukuran lebih besar lagi.

Hindari pemakaian pot yang berbahan dasar batu atau keramik, karena pot atau wadah yang berbahan dasar tersebut akan sangat mudah mengalami keretakan hingga pecah akibat pertumbuhan akar pada tanaman adenium bonsai yang semakin hari semakin berkembang.

Pilih media tanam yang cocok untuk tanaman bonsai

Tidak semua jenis media tanam yang cocok dan dapat di gunakan untuk tanaman adenium bonsai. Biasanya untuk jenis tanaman adenium bonsai ini hanya dapat menggunakan jenis media tanam yang bersifat kering saja. Karena jika tanaman hias adenium bonsai ini di beri media tanam yang bersifat lembab, maka akan dapat berpengaruh terhadap perkembangan tanaman pada nantinya.

Karena pada dasarnya kelembapan yang terjadi dapat menyebabkan pembusukan pada akar tanaman adenium bonsai. Maka dari itu pemilihan media tanam yang cocok untuk tanaman adenium bonsai ini ialah yang bersifat kering. Untuk mendapatkan media tanam yang di maksud tersebut, kita dapat meracik media tanam tersebut dengan sendirinya.

Bahan-bahan pembuat media tanam tersebut dapat di buat seperti : pupuk kandang, sekam bakar dan pasir malang. Ketiga dari bahan-bahan tersebut dapat di campur sesuai dengan takaran yang telah di tentukan sebelumnya.

Teknik Pencampuran Media Tanam Adenium

Usahakan dalam melakukan pencampuran tidak di lakukan dengan memberikan air dengan jumlah yang terlalu berlebihan.

Karena air dapat menyebabkan kelembapan pada media tanam nantinya, media tanam yang mengalami kelembapan akan mudah sekali terserang jamur dan juga hama. Maka untuk itu pemberian air harus di lakukan sedikit saja, atau sesuai dengan takaran atau dosis yang telah di tentukan sebelumnya.