Mengenal Tanaman Hias Bonsai Bambu Kuning

Share:
Tanaman Hias Bonsai bambu Kuning-Biasanya orang-orang menggunakan bambu sebagai bahan bangunan. Kalau kita mendengar kata bonsai bambu agaknya sedikit ada rasa tidak percaya jika bambu bisa dibuat bonsai.

Namun pada kenyataannya, bambu yang biasa kita anggap sepele ternyata bisa dijadikan bonsai bambu dan tidak kalah cantik serta menarik dibandingkan tanaman bonsai yang lain, di sisi lain bonsai bambu juga memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Beberapa jenis bambu yang bisanya digunakan sebagai tanaman hias yaitu jenis bambu yang berasal dari Cina, Jepang, dan Thailand.


Bambu yang bisa dijadikan tanaman hias yaitu bambu kuning (phyllostachys sulphurea), bambu pagar (bambusa glaucescens)bambu jepang variegata (sasa fortune), bambu jepang (arandinaria japonica), bambu siam (thyrsostachys siamensis), dan bambu gendang (bambusa ventricosa).

Untuk bonsai bambu sendiri, di Indonesia yang sedang berkembang dan terkenal saat ini yaitu bonsai bambu kuning (phyllostachys sulphurea). Sesuai dengan namanya, bonsai bambu kuning memiliki warna kuning di setiap cabangnya.

Bonsai bambu kuning tidak baik apabila terkena sinar matahari secara langsung, oleh sebab itu letakkan tanaman ini di tempat-tempat yang tidark terkena sinar matahari secara langsung dan apapabila ingin diletakkan di dalam ruangan, tempatkan di dekat jendela.

Tidak hanya bisa dijadikan bonsai, ternyata bambu kuning memiliki manfaat yang tersembunyi diantaranya adalah:

Bisa dijadikan sebagai makanan vegetarian

Orang-orang vegetarian biasanya memnfaatkan rebung atau bung-nya untuk dibuat sayur.

Dapat dijadikan obat untuk penyakit liver dan asam urat

Mochamad Yusuf, seorang ahli pengobatan cina mengemukakan bahwa daun dari bambu kuning memiliki kandungan zat flavonoid. Zat ini bisa dijadikan sebagai obat penyakit liver dan memiliki antioksidan serta mempunyai peran dalam menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat.

Menghilangkan lemak dan kolesterol

Salah satu alternatif yang bisa digunkan untuk menghilangkan lemak dan juga kolesterol yaitu kandungan air mineral yang terdapat di dalamnya.

Dapat digunakan untuk meredakan batuk

Sebuah kitab Ming Yie Bie Lu telah tercatat bahwa ektrak daun bambu kuning memiliki manfaat untuk meredakan batuk, meluluhkan dahak dan lendir, serta mengatasi susah bernafas. Selain itu orang Cina juga menggunakan ekstrak daun bambu kuning untukmelindungi jantung.

Dapat dijadikan sebagai obat untuk penyakit tuberkolosis

Selain zat flavonoid yang trdapat di daun bambu kuning, ternyata daun bambu kuning juga mengandung zat tabasheer dan mineral silica.

Biasanya orang Tibet menggunakan ramuan Ayuverdik sebagai obat untuk penyakit tuberkolosis. Ayuverdik merupakan ramuan yang terbuat dari daun bambu kuning.

Bambu kuning memiliki beberapa keindahan yang terletak pada setiap batang, ruas, dan buluhnya serta bentuknya yang unik.

Batang yang dimiliki oleh bambu kuning tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sehingga mudah untuk perawatannya. Bambu kuning yang dijadikan bonsai dalam bentuk naga, dan ada yang bertumpuk-tumpuk.

No comments