Mengenal Bonsai Langka Untuk Anda Pencinta Tanaman

Tanaman bonsai sekarang ini menjadi primadona tanaman hias di masyarakat. Sudah banyak pencinta tanaman hias yang berfokus kepada tanaman bonsai, Banyak sekali yang berburu tanaman bonsai langka. Banyak jenis bonsai langka yang sebenarnya bisa kita kembangkan sendiri namun terkadang terdapat keunikan seperti bentuk akar dan batang yang menarik yang menjadikan bonsai tersebut memilki nilai yang lebih tinggi. Jika anda pecinta tanaman hias sejati anda harus memeiliki beberapa tanaman bonsai langka yang ada di dunia.

Mengenal beberapa bonsai langka

Bonsai unik dan langka tentunya akan meningkatkan nilai secara materil dari tanaman itu sendiri. Berikut beberapa macam tanaman bonsai langka yang ada. Yang pertama adalah Minten. Tanaman minten biasanya dijadikan tanaman pagar oleh warga di kampong – kampong. Bunganya muncul secara tunggal dan memiliki bentuk oval dan bergerigi tajam di pinggirnya. Memiliki ranting tipis dan lurus dan juga warna mengkilap. Yang kedua ada Murbei. Tanaman murbei memang sering ditemukan tumbuh liar di Indonesia. Bentuk daunnya ada yang bulat dan menjari lima. Warna buahnya yang merah dengan permukaan tonjolan kecil – kecil menarik untuk dilihat. Yang ketiga yaitu Mustam. Bonsai yang satu ini enak dilihat secara keseluruhan. Memeiliki batang yang gagah dan daun kehijauan menjadikan salah satu bonsai favorit di masyarakat. Yang keempat ada Nam-nam. Keunikan yang bisa kita nikmati adalah daunnya yang saat muda berwarna putih merah namun menjadi hijau ketika tua. Buahnya berbentuk elips dan agak melingkar. Yang kelima yaitu bonsai Pilang yang memiliki batang kehijauan yang akan berbintik-berbintik ketika tua. Memiliki batang yang besar namun daunyang tubuh sangat mungil dan berbentuk oval.


Kemudian yang selanjutnya ada lagi bonsai Serut yang memiliki batang berwarna putih. Batangnya tidak rata dan penuh tonjolan. Daun serut kecil – kecil tidak rata tapi penuh dan juga kekhasannya memiliki ranting yang tumbuh melengkung.untuk mengatasinya bagi anda pemilik bonsai serut harus sering rajin mengkawatinya. Bonsai unik selanjutnya yaitu Pinus. Memiliki batang yang lurus dan ramping dan bisa kita temui di daerah sumatera. Bonsai ini harus anda sering rajin pangkas daunya yang berbentuk jarum. Buahnya berbentuk pipih kerucut. Selanjutnya ada lagi yang bernama Siantho. Siantho memiliki daya Tarik yang luar biasa sehingga sering dimiliki oleh kolektor bonsai. Daunnya berbentuk hati, agak besar dan mengkilap. Buahnya berbentuk bulat persegi delapan. Siantho juga dikenal dengan nama cermai belanda. Daunnya tumbuh dengan cepat sehingga kita harus rajin mempangkas daunya. Ada lagi bonsai yang bernama Sisir yang memiliki batang yang keras dan gampang keropos. Batangnya berduri dan rantingnya kokoh. Penampilannya cukup mempesona sehingga seirng di buru kolektor. Kemudian yang terakhir adalah bonsai wareng. Tanaman wareng biasa digunakan sebagai pagar hidup di kebun. Batangna berduri dan juga memiliki kerapatan tanaman sehingga sulit ditembus hewan. Daun wareng berwarna hijau segar dan berbentuk menyudut atau menjari tiga. Sekilas wareng mirip dengan trident maple yang banyak juga dijadikan sebagai bonsai. Wareng adalah bonsai asli Indonesia yang pernah mendapatkan penghargaan Internasional.



Bagi anda yang mencari beberapa bonsai langka sekarang ini sudah banyak yang mengembangkannya. Banyak media online bahkan sering menampilkan lapak yang jual bonsai murah unik langka. Tentunya beberapa jenis bonsai juga ada yang berharga mahal. Namun apabila anda ingin anda juga bisa melakukan penamaman bibit untuk keperluan bonsai di rumah sendiri. Sudah banyak tips dan cara membuatnya di Internet. Tentunya anda harus rajin dan sabar ketika ingin membuat bonsai tertentu dari bibit.