Menekuni Seni Budidaya Tanaman Bonsai

Seni budidaya tanaman bonsai memang bermula dari daratan Tiongkok, namun seni bonsai modern yang kita kenal saat ini lebih banyak dikembangkan oleh para seniman bonsai dari negeri Jepang. Seiring dengan perkembangan zaman, seni bonsai ini juga sudah tersebar ke berbagai belahan dunia dan banyak digemari oleh orang dari berbagai negara. Hal ini mungkin dikarenakan keunikan jenis tanaman ini serta keindahan yang diberikannya.

Berbeda dengan apa yang kebanyakan orang pikirkan, tanaman bonsai bukanlah tumbuhan yang dibuat dengan ukuran kecil dengan melakukan rekayasa terhadap genetikanya. Namun, bonsai merupakan tumbuhan yang berukuran kecil akibat dari berbagai teknik penanaman yang dilakukan terhadapnya. Dengan teknik-teknik ini, bonsai dapat bertahan hidup sama seperti tumbuhan lain yang memiliki ukuran normal.


Jika anda ingin menekuni seni budidaya tanaman bonsai, anda harus tahu bahwa setiap jenis tumbuhan yang memiliki batang pohon bisa digunakan untuk bonsai. Namun, setiap jenis tanaman tentu akan membutuhkan langkah dan teknik yang berbeda-beda. Berikut hal-hal penting yang perlu anda ketahui.

Sebelum Memulai Seni Budidaya Tanaman Bonsai

Sebelum memilih untuk menekuni budidaya bonsai, tentukanlah jenis tanaman pohon apa yang ingin anda gunakan sebagai bonsai. Pemilihan jenis ini lebih baik didasarkan pada jenis iklim dan suhu udara tempat dimana anda akan merawat bonsai anda. Jika anda tinggal di negara tropis, ada baiknya untuk memilih tanaman tropis saja. Selain itu, pertimbangkan untuk melakukan budidaya tanaman bonsai dengan pohon berukuran daun kecil. Ukuran daun yang kecil biasanya lebih mudah dibentuk sehingga cocok untuk para pemula.


Melakukan budidaya bonsai juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa saja mendapatkan bibit tanaman dari para penjual yang bisa anda rawat menjadi bonsai kecil. Selain itu, anda juga bisa mencari bibit pohon sendiri jika disekitar anda tersedia. Ada juga penyuka bonsai yang membeli tumbuhan bonsai muda, yang biasa disebut bakalan, untuk ditanam menjadi bonsai yang indah. Jika anda ingin sederhana saja, cara yang terakhir tadi bisa menjadi pilihan anda.

Teknik Sederhana Budidaya Tanaman Bonsai

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam perawatan budidaya tanaman bonsai adalah pemangkasan. Pemangkasan pohon penting untuk memberi bentuk pohon bonsai yang anda inginkan. Ingat untuk selalu memangkas pohon dengan tetap mengikuti bentuk asli dari tumbuhan tersebut, sehingga bentuk bonsai anda tidak terlalu aneh. Selain itu, pemangkasan juga merupakan hal konstan yang harus and lakukan, terutama mengingat daun tumbuhan bonsai yang akan terus tumbuh.


Pilihan pembentukan lain yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan kawat. Penggunaan kawat bisa membantu anda dalam budidaya tanaman bonsai untuk berbagai hal, termasuk untuk membentuk sudut cabang, menumbuhkan cabang yang baru atau mencegah cabang tumbuh di tempat yang tidak anda inginkan.

Biasanya, para pemula lebih memilih untuk melakukan pemangkasan karena lebih mudah dan cocok untuk orang-orang yang belum terlalu berpengalaman. Namun, jika anda ingin menekuni bidang ini, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan kawat untuk bonsai anda. 


Namun, hal yang paling penting dalam budidaya tanaman bonsai adalah bagaimana anda merawat bonsai anda agar selalu segar dan tumbuh dengan baik. Biasanya, perawatan ini harus disesuaikan dengan jenis bonsai anda. Misalnya, suplai sinar matahari akan diperlukan dengan banyak untuk tumbuhan yang aslinya tumbuh di daerah panas. Hal ini berbanding terbalik dengan tumbuhan dari daerah dingin. Perhatikan juga cara penyiraman anda terhadap bonsai, karena suplai dan kualitas air yang anda berikan juga berpengaruh banyak terhadap kualitas tumbuhan bonsai anda.