Menanam Dan Budidaya Bonsai Mirten

Kita akan memiliki tanaman bonsai yang baik dan menarik apabila memiliki tanaman bonsai yang memiliki Bunga dan buah. Salah satunya kita bisa menggunakan tanaman bakal yang memang bersifat sering berbunga. Salah satu dari tanaman tersebut adalah tanaman mirten. Jenis tanaman perdu ini memiliki batang yang tidak terlalu besar dan tanaman ini memang termasuk yang cukup rajin berbunga. Meskipun didalam pot. Tanaman bonsai mirten memang paling sering dicari oleh para pecinta tanaman hias. Salah satunya adalah tanaman bonsai mirten sakura.


Tanaman mirten memang merupakan tanaman jenis perdu yang popular untuk dijadikan tanaman bonsai. Hal ini disebabkan karena karakteristiknya yang banyak disukai orang. Tanaman ini memiliki batang yang tidak begitu besar, namun keras, rantingya kecil – kecil, menjulur dan memanjang, Daunnya tumbuh padat, terlihat rimbun, bentuknya kecil – kecil bergelombang, berwarna hijau yang kadang hijau tua atau bisa juga hijau muda dan umumnya bergerigi. Tanaman ini lebih mudah untuk perawatannya. Tidak seperti tanaman bonsai lain, bonsai mirten memang dapat tumbuh mudah di pot tanpa perlakuan khusus. Perawatannya bisa dilakukan dengan memberikan pupuk cair setiap satu minggu sekali atau bisa juga dua minggu sekali. Apabila cuaca sangat kering dan anda melihat bonsai mirten anda tidak berbunga dan berdaun hal itu bukan berarti tanaman anda mati. Nantinya dia akan tumbuh seperti semula kembali berdaun dan berbunga. Apabila ingin penampilan yang lebih menjanjikan jangan lupa untuk selalu rajin memangkas daun dan raningnya agar terlihat menarik dan rapi. Gunakan juga pot yang sesuai dengan bonsai mirten sehingga tidak mengurangi kandungan air pada tanahnya. Jangan lupa anda harus rajin menjaga air yang dibutuhkan tanaman ini agar tetap terlihat segar.

Apabila anda tertarik dengan membosaikan mirten maka tips yang perlu dilakukan

Pembibitan

Pembibitan bisa dilakukan dengan dengan penanaman biji dari buahnya. Tanam lah biji pada media semai dari tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Semaikan biji tumbuuhan ini sampai tinggi 10 – 15 cm baru pindahkan ke media tanam yang baru. Pembibitan dengan biji membuat tanaman ini memiliki akar yang banyak dan kuat sehingga cocok dengan kriteria bonsai.

Penanaman

Pertama anda harus membuat media tanam dengan komposisi yang sama dengan media semai. Tanamn dengan arah akar yang anda inginkan dengan membuat akar harus tertutup semua dengan tanah. Jangan lupa siram dengan air agar tanaman tidak layu kekeringan.

Perawatan

Perawatan bisa anda mulai penyiraman sekaligus dengan pemberian pupuk cair setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali. Bentuk sesuai keinginan anda dengan kawat lunak sehingga tidak merusak kulit batang anda. Lepaskan kawat dan sisihkan gundukan tanah agar membuat tanaman ini memiliki akar yang cantik dan batang yang unik.


Tanaman bonsai mirten juara sebenarnya banyak varietasnya. Banyak bibit yang sekarang bisa anda beli dengan mudah di penjual tanaman ataupun di online. Harga bonsai mirten sendiri bervariatif. Harga tersebut dipengaruhi dengan potensi pertumbuhan apakah akan menjadi tanaman bonsai yang unik dan menarik atau tidak apabila anda membelinya dari bibit. Anda juga bisa menemukan tanaman berharga jutaan apabila tanaman bonsai tersebut merupakan tanaman yang sudah jadi dengan bentuk akar dan batang yang menarik. Terlebih lagi harga tersebut bisa mencapai puluhan juta apabila tanaman tersebut memenangi kontes kecantikan tanaman bonsai.