Menanam Bonsai Hokiantea yang Unik

Hokiantea merupakan bonsai dengan kategori pohon yang dapat di jadikan bonsai. Dengan memiliki buah yang dapat berganti warna menjadi putih pada saat bunga, hijau ketika buah masih muda, kuning menandakan buah setengah matang, dan akan menjadi merah ketika buah sudah matang. Spesies tanaman ini memiliki 2 jenis yaitu yang memiliki daun lebar namun susah berbuah dan yang daunnya kecil yang berbuah lebat. Para penggemar bonsai di indonesia menyebut tanaman ini sebagai sido gurih bagi yang tidak berbuah dan erethia untuk yang berbuah. Di indonesia sendiri tanaman ini sering di gunakan sebagai pagar tanaman pada halaman rumah. Untuk sebutan yang di berikan di filipina adalah fukien. Karena spesies tanaman ini gampang di budidaya, bayak orang mengambil bakalan bonsai hokiantea untuk di jadikan bonsai. Tanaman hias ini juga tidak tergantung oleh sinar matahari. Anda bisa menanam bagian cabang atau rantingnya.


Jika anda ingin mendapat bentuk akar yang indah, saya menganjurkan untuk menanam melalui bijinya. Untuk persiapan yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Menyiapkan biji hokiantea dari buah yang sudah mengering dengan ciri berwarna coklat gelap atau hitam.
  2. Menyiapkan media untuk penyemaian. Untuk medianya anda dapat menggunakan pasir halus yang di campurkan dengan sedikit tanah atau dengan sekam bakar yang di hancurkan.
  3. Gunakan nampan atau pollybaag
  4. Menaburkan biji yang sudah kita siapkan lalu menimbunnya,. Jangan lupa untuk mengatur kedalaman timbunan yaitu sekitar 2 cm.
  5. Menyiram dengan air secukupnya.
  6. Jaga kelembaban dari benih yang di tanam dengan meletakannya di suhu udara yang teduh.
  7. Diamkan selama 1 minggu sampai biji yang di tanam beruban menjadi kecambah.
Anda bisa menggunakan cara lain dengan menyemai biji diatas kapan atau sejenisnya yang telah di basahi dengan air.


Selain dengan biji anda juga dapat menanam dongkelan atau batang yang berada di dekat akar. Cuci bersih batangnya . setelah itu tanam di media yang berpasir. Hal ini di lakukan agar menghindari akar busuk setelah proses penanaman. Siram sampai media basah dan tutupi batang dengan plastik transparan. Selama di tutup jangan di siram sampai tumbuh tunas dan letakan pada tempat yang teduh. Setelah tunas tumbuh anda harus rajin menyiram. Jangan sampai telat menyiram , jika hal itu terjadi maka akan timbul bintik putih setelah itu tanaman akan sulit tumbuh atau bahkan mati. Ketika akar sudah kuat maka tanaman sudah tahan dengan cuaca. Untuk harga bonsai honkiantea berfareasi sekitar 700 ribuan sampai 1 juta. Ini merupakan bonsai termurah yang dapat anda beli atau dapat anda buat.


Dengan harganya yang murah ini jangan meremehkan, karena jika sudah mengikuti kontes maka bonsai ini dapat berharga tinggi. Jika anda ingin menjadikan bonsai honkiantea juara, anda harus memperhatika dan benar-benar mengurus tanaman yang ada miliki. Selalu memperhatikan kesehatan tanaman dengan menghilangkan hama pada tanaman hias anda sudah sangat membantu tumbuhnya bonsai menjadi lebih baik. Perawatan bonsai tidak sembarangan. Karena bonsai ini gampang hidup atau tumbuh maka anda harus selalu merapikan batang serta daun yang menurut anda melewati jalur atau tidak sesuai dengan bentuk yang anda inginkan. Sekian beberapa cara membudidayakan bonsai jenis hokiantea semoga bermanfaat bagi anda.