Memulai Usaha Bisnis Bonsai

Hobi berbonsai ria merupakan hobi yang menyenangkan dan tidak ada matinya. Selain sebagai hobi, kesenangan ini bisa dijadikan sebagai bisnis bonsai apabila kita mau menekuninya. Lalu sudah banyakkah orang yang menekuni bonsai di Indonesia?


Di Indonesia dapat kita bagi menjadi empat golongan orang yang berkecimpung dalam komunitas perbonsaian, yaitu:
  1. Petani bonsai yang biasa membuat bakalan atau bibit bonsai.
  2. Pedagang bonsai yang menjual bakalan.
  3. Artist/Seniman bonsai yang membuat bonsai dari bakalan menjadi berseni.
  4. Kolektor, yaitu penikmat dan pemelihara bonsai.
Komunitas perbonsaian ini mempunyai organisasi yang bersingkatan PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia). Berdiri sejak tahun 1979 dan kira-kira mempunya 40 cabang di Indonesia dengan anggota ribuan orang. PPBI rutin menyelenggarakan kontes dan pameran bonsai di berbagai kota. Pemenang kontes tanaman bonsai sering dicari oleh kolektor-kolektor penikmat bonsai.

Harga bonsai yang sudah jadi, apalagi seing memenangkan kontes bisa mencapai puluhan hingga milyaran rupiah. Kebanyakan para kolektor-kolektor bonsai mengoleksinya demi gengsi.

Hobi bonsai yang ditekuni tentu saja bisa mendai peluang bisnis bonsai yang sangat menggiurkan. Anda bisa berperan sebagai penangkar-pembibit yang memasok bibit bonsai untuk para penghobi. Bisa jua lebih memperdalam skill sehingga bisa menjadi artist bonsai. Selain memelihara bonsai milik kolektor, artist juga men-training orang agar bisa menjadi pembuat atau pemelihara bonsai. Para kolektor bonsai juga bisa mendapatkan untung besar dari koleksinya. Misal, harga bonsai yang awalnya 5 juta jika dirawat dengan cermat dan sabar, setahun kemudian harga bisa berlipat-lipat.

Bagaimana pembaca? Cukup menguntungkan bukan? Jangan ragu untuk memulai usaha bisnis bonsai !