Manfaat Tanaman Bonsai Bagi Lingkungan

Share:
Manfaat tanaman bonsai – Tanggal 10 Januari akan di peringat hari seribu pohon yang pada hari itu mayoritas dilakukan penanaman seribu pohon. Akan tetapi bukan hanya pada hari itu penanaman pohon atau tanaman dilakukan, lebih tepatnya setiap saat bisa anda lakukan penanaman.

Walaupun sudah ada hari itu dan sebagian orang melakukan penanaman seribu pohon, sepertinya belum banyak orang yang sadar akan pentingnya negeri ini hijau dan asri.


Sedangakan manfaat tanaman atau pohon serta bonsai pun menjadi penting dalam lingkungan hidup. Dan berikut manfaat tanaman bonsai bagi lingkungan yaitu sebagai berikut :

Menghasilkan oksigen untuk bernafas dengan segar

Alam sekitar hijau merupakan manfaat penting untuk menghirup oksigen bebas dan sehat. Dan dengan melakukan penanaman pohon termasuk bonsai ini maka jumlah karbondioksida akan di lingkungan sekitar akan berkurang dan secara otomatis akan mengurangi polusi yang dapat mengakibatkan pemanasan global dan menipiskan ozon.

Dapat mengurangi kabisingan

Jika rumah anda berada dipinggir jalan maka music setiap hari yang akan anda dengar yaitu kebisingan kendaraan di jalan.

Oleh karena itu sebaiknya anda menanam banyak bonsai atau tanaman hias di pinggir-pinggir pagar rumah anda agar terhindar dari kebisingan dan sebgai peredam suara selain itu anda akan mendapatkan keharuman tersendiri dengan oksigen yang pasti lebih sejuk.

Pendingin

Jenis tanaman rambat atau yang merambat bisa anda gunakan sebagai pendingin ruangan yaitu sebagai penutup dinding yang terpapar langsung dengan sinar matahari.

Dengan paparan sinar matahari langsung membuat suhu secara otomatis akan meningkat dan dengan memperbanyak tumbuhan merambat atau tanaman bonsai merupakan salah satu cara membuat suhu panas didalam ruangan berkurang dan ruangan akan secara otomatis menjadi lebih sejuk alami dan segar.

Selain itu dengan penanaman tanaman hias ini juga bisa menghemat penggunaan listrik dari AC atau kipas angin.

Menyimpan air tanah

Air hujan yang jatuh ketanah akan menghilang begitu saja. Jika tidak ada akar tanaman misalnya bonsai yang mengikatnya maka air tidak banyak meresap dan mengakibatkan banjir selain itu jika tidak banjir air meresap bisa mengakibatkan tanah longsor.

Apalagi dengan musim kemarau yang datangnya hujan tidak menentu yang sulit ditebak. Jika lahan tanah atau pekarangan rumah dibiarkan begitu saja tidak ditanami apapun maka pada musim kering lahan tersebut juga bisa semakin kering dan akan terlihat tandus dan panas.

Oleh karena itu tanaman-tanaman kecil seperti rerumputan kecil atau bonsai buah-buahan bisa anda manfaatkan untuk mengisi halaman anda untuk menghindari gersang tandus di musim kering dan bencana di musim hujan. Demikian pembahasan mengenai manfaat bonsai bagi lingkungan semoga dapat bermanfaat bagi anda dan hijaukan lingkungan anda dengan tanaman hias atau tanaman sejenisnya.

No comments