Manfaat Merawat Tanaman Bonsai Unik

Share:
Merawat Bonsai Unik – Tanaman cebol atau tidak bisa tinggi namun sangat cantik, apalagi kalau bukan tanaman bonsai. Ciri khas dari tanaman ini yaitu berukuran kecil atau bisa disebut dengan miniature dari pohon-pohon besar di alam bebas.Selain itu tanaman bonsai juga memiliki keseimbangan bentuk pohon yang sangat bagus. Jadi tidak heran apabila banyak orang menghambur-hamburkan uangnya hanya untuk membeli pohon cantik ini.

Istilah sendiri sebenarnya sudah digunakan di Negara jepang sebagai nama sebuah seni tradisional dalam pemeliharaan tanaman di dalam sebuah pot yang dangkal.Tidak hanya itu, di jepang tanaman bonsai ini diapresiasikan dari keindahan atau keseimbangan daun, batang, ranting dan akar pohonnya. Karena dengan keseimbangan itulah ciri tanaman bonsai yang bagus dan bernilai tinggi.


Untuk mendapatkan hasil bonsai yang cantik maka perlu adanya perawatan yang baik pula yaitu anda perlu memperhatikan cara dan manfaat merawat tanaman bonsai, yaitu sebagai berikut :

Penggantian pot

Bonsai ditanam di dalam pot yang dangkal dan dengan ukuran menyesuaikan tanamannya. Dan setelah tanaman berkembang maka perlu adanya penggantian pot yang lebih besar lengkap dengan lubang pernafasan di bawahnya yaitu dengan manfaat pertumbuhan akar yang lebih leluasa sehingga akar benar-benar bagus dan berkembang.

Penyiraman

Dengan menyiram secara berkala dan teratur maka membuat pertumbuhan tanaman bonsai semakin bagus.

Akan tetapi saat menyiram tanaman ini sebaiknya anda tidak menyiram terlalu banyak karena bisa mengakibatkan busuknya akar dan tumbuhnya jamur. Selain itu anda juga tidak boleh terlalu senggang dalam menyiram karena bisa mengakibatkan bonsai kekerigan dan mati.

Oleh karena itu perawatan istimewa tanaman bonsai ini dengan menandainya tancapan tusuk gigi pada media tanam untuk mengukur kelembapan.

Pemangkasan

Pemotongan pada tanaman ini juga perlu dilakukan agar terlihat tetap bagus dan bernilai tinggi. Selain itu dengan penyiraman di bawah paparan sinar matahari bisa membuat lumut hijau tumbuh di permukaan pot atau pada pohonnya dan juga istimewanya yaitu bis membunuh gulma yang menganggu tanaman.

Namun dalam pemangkasan ini ada hal yang perlu anda perhatikan yaitu jika dalam pemangkasan terlihat perkembangan sangat lambat maka anda bisa melakukan pemangkasan 2 atau 3 bulan sekali.

Akan tetapi berbeda jika pertumbuhannya cepat maka anda bisa melakukan pemangkasan setiap 1 bulan sekali. Ini sangat istimewa dalam perawatan bonsai karena di sesi inilah penampilan bonsai di maksimalkan.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan secara berkala dengan jarak 1 bulan sekali agar hasil maksimal dan tumbuh dengan subur. Selain itu dengan pemupukan maka hasil jadi panen yang diharapkan bisa jatuh pada tempo yang di jadwalkan.

Demikian pembahasan mengenai perawatan istimewa tanaman bonsai yang menghasilkan bonsai yang bagus dan semoga bermanfaat.

No comments