Kelebihan Mencari Bibit/Bakalan Bonsai Alam

Berburu bibit bonsai di alam memiliki kelebihan dibanding dengan tanaman tangkaran. Biasanya memburu bonsai di alam adalah di lahan-lahan tandus, gunung kapur, tebing-tebing curam, hutan dan tempat-tempat yang sekiranya banyak tanaman yang tumbuh kerdil secara alami. Berikut beberapa kelebihan mencari bibit / bakalan bonsai alam:


Bonsai memiliki kualitas yang bagus, sebab sudah tertempa alam dalam kutrun waktu yang lama. Memiliki ciri ketuaan contohnya pada kulit dan tampilannya yang alami dan sulit ditiru oleh tanaman hasil tangkaran.
Tanaman memiliki daya tahan hidup yang kuat karena terbiasa hidup di lahan yang kritis.
Tanaman memiliki bentuk yang unik terbentuk alami oleh alam.

Berburu bibit bonsai di alam memang memerlukan jeri payah yang keras, karena haru keluar masuk hutan, tebing dan daerah-daerah yang terpencil dengan alam yang kritis.

Alat-alat atau perlengkapan yang harus dibawa saat berburu bonsai di alam antara lain:

Cangkul kecil - Linggis - Sekop yang tajam - Gunting pangkas - Pahat - Pisau/belati - Kapak Kecil - Gergaji - Tali - Karung goni atau kain basah untuk membungkus perakaran tanaman

Baca juga Teknik Cara Menggali, Mengangkat dan Menanam Bakalan Bonsai. Gimana sudah siapkah Anda untuk mencari bibit / bakalan bonsai alam?