Jenis Kriteria Tunggul Yang Bagus Bakalan Bonsai

Jenis kriteria tunggul yang bagus bakalan Bonsai-Jenis kriteria tunggul yang baik, sudah banyak di temukan di daerah-daerah yang berada di Indonesia. Jenis tunggul yang baik sudah tentu akan dijadikan bakalan bonsai. Tanaman bonsai yang berkualitas unggul harus berasal dari tunggul yang unggul pula.


Tunggul ini sendiri yang dapat di ambil menjadi bakalan bonsai yaitu tunggul yang memiliki batang yang keras, tidak mengalami pelapukan, dan tahan dengan sengatan matahari dan air hujan. Tunggul yang dipilih untuk dijadikan bakalan bonsai, yaitu tunggul yang dapat mengeluarkan buah atau bunga yang lebat.

Jika tidak mengeluarkan buah atau bunga yang lebat, maka tanaman bonsai yang dihasilkan nantinya tidak bagus. Kriteria tunggul yang baik tidak mesti dari jenis tunggul yang dibeli di toko dengan harga yang mahal.

Bahkan biasanya tunggul yang untuk dijadikan bakalan bonsai tersebut apabila di dapatkan di toko-toko, bakalan bonsai tersebut tidak akan bertahan lama jika ditanam di luar rumah. Karena tunggul yang didapatkan di pertokoan tersebut merupakan jenis tunggul yang manja.

Jenis tunggul yang baik yaitu tunggul yang memiliki ranting tidak terlalu banyak. Jika ranting pada tunggul bonsai tersebut banyak, maka bakalan bonsai tersebut akan sulit di lakukan pembentukan pada nantinya.


Pembentukan dilakukan untuk membentuk tanaman bonsai agar menjadi tanaman yang indah dan berkualitas unggulan. Jika ingin membentuk tanaman bonsai, batang tanaman tersebut harus bengkok dan tidak boleh lurus. Batang yang sudah bengkok secara alami, akan memudahkan pembentukan pada tanaman bonsai tersebut.

Jika batang tunggul sudah lurus dari awal, maka dalam proses pembentukan akan mengalami kesulitan pada nantinya. Para pemburu tanaman bonsai akan mencari jenis tunggul bonsai yang memiliki nilai jual yang tinggi, seperti batang nya yang bagus, bunga yang lebat, dan ukurannya yang besar.

Jenis tanaman yang cacat tidak jadi permasalahan, sebab tanaman yang cacat memiliki daya tarik tersendiri. Biasanya jenis tanaman bonsai yang cacat dapat dijual dengan harga yang mahal.

Jika dilakukan cacat secara buatan, maka harga tanaman tersebut akan dijual dengan harga yang sangat murah. Karena bentuk nya sudah tidak enak di pandang lagi.