Hal Menarik Tentang Pohon Bonsai Serut

Share:
Bonsai Serut - Salah satu tanaman hias yang bisa dijadikan bonsai yaitu pohon serut. Nama lain dari pohon serut yaitu streblus asper, sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman ini dikenal dengan sebutan sandpaper tree, siamese rough bush, dan toothbrush tree. Karena bentuk daunnya yang eksotis serta memiliki batang yang unik, pohon ini sering ditanam di taman.


Di pasaran, biasanya bonsai serut ini dilelang dengan harga 2 juta rupiah hingga 6 juta rupiah. Apabila model yang dimiliki begitu unik serta usia bonsai serut sudah tua, harga jualnyapun bisa melambung hingga puluhan juta rupiah. Terdapat beberapa hal menarik yang terkait dengan bonsai serut, diantaranya adalah:

Bonsai serut memiliki ciri khusus

Batang yang dimiliki oleh bonsai ini yaitu berwarna putih, bertekstur dan cukup keras. Ukuran daunnya yang kecil lebih serta memiliki warna hijau membuat bonsai yang satu ini terlihat begitu indah dan menawan.

Pada dasarnya, bonsai ini memiliki bunga yang berwarna putih serta buahnya berwarna hijau. Karena ukurannya yang cukup mini, membuat bunga dan buahnya menjadi tidak kelihatan.

Selain itu, tunasnya juga mudah untuk tumbuh walaupun di tempat yang kecil, sehingga kita bisa membentuk batangnya sesuai dengan kreasi dan keinginan kita.

Bonsai serut sering merontokkan daunnya saat musim kemarau

Seperti pohon jati yang menggugurkan daunnya ketika musim kemarau, bonsai ini juga akan menggugurkan daunnya saat kemarau.

Menggugurkan daun merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh beberapa tumbuhan guna menghemat kandungan air di dalamnya. Uniknya, daun yang terdapat pada bonsai ini akan tumbuh lagi satu minggu kemudian setelah menggugurkan daunnya.

Bonsai serut memiliki usia yang lama

Tidak hanya beringin yang memiliki usia hingga ratusan tahun, bonsai ini ternyata bisa hidup hingga berusia ratusan tahun pula. Semakin tinggi usia bonsai, semakin tinggi pula harga jual bonsai tersebut.

Media tanamnya yaitu tanah gunung

Media tanam yang cocok untuk bonsai serut yaitu campuran antara pupuk kandang, humus, dan tanah gunung dengan menggunakan perbandingan 1 : 1 : 1.

Sebelum pohon serut dibentuk menjadi bonsai,tanamlah di pot dengan ukuran yang agak besar, setelah mencapai ukuran yang diinginkan baru pindahkan ke dalam pot yang Anda mau.

Bonsai serut tahan akan sinar matahari

Biasanya tanaman tidak akan tumbuh baik apabila terkena sinar matahari secara langsung, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk bonsai ini. Bonsai ini akan tumbuh maksimal, tahan terhadap hama, serta ukuran daunnya lebih mengecil apabila terkena sinar matahari secara langsung.

Bonsai serut merupakan tanaman hias yang diberikan perlakuan lebih supaya menjadi kerdil, unik, menawan dan juga memiliki daya tarik tersendiri. Bonsai ini sangat diminati oleh banyak orang, hal itu karena perawatannya mudah, penanamannya ideal, serta memiliki harga jual yang cukup tinggi.