Eksotisnya Bonsai Kawista

Tanaman kawista banyak dicari sebagai bakalan yang digunakan untuk bonsai. Tampilan yang cantik alami karena tidak membutuhkan pembentukan atau training khusus menjadikan daya tarik tersendiri untuk pengembangan yang digunakan biasanya menggunakan perkembangbiakan generatif dari biji. Memang di akui banyak yang mengatakan seringnya gagal dengan menggunakan cara ini . namun anda dapat menggunakan cara lain yaitu dengan cara vegetatif yang dapat anda coba untuk menambah jumlah bakalan di rumah anda. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan buah yang satu kerabat dengan maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan. Daun yang dimiliki berukuran kecil yang memiliki 1 sampai 3 lembar dalam 1 dahan. Banyak jenis kawista salah satunya adalah bonsai kawista batu (luminaacidissima syn. Feronia limonia). Tumbuhan ini sering di manfaatkan buahnya dan sudah jarang di jumpai. Meski sekarang banyak daerah yang mengembang biakannya.


Yang menjadi keunggulan dari tanaman ini adalah relatif tahan dengan kondisi buruk seperti tahan terhadap penyakit, kurang air, atau tanah salin. Tanaman ini banyak di temukan di rembanang karena memang di sini terkenal dengan sentra kawistanya. Pohon ini tumbuh sekitar 1.000 pohon kawista yang tersebar dirembang, sehingga warga rembang dapat panen raya pada bulan februari sampai april. Tanaman hias ini dapat tumbuh di tempat dengan komposisi tanahnya agar berpasir dan cocok di dataran rendah. Jika anda ingin menanam bonsai ini anda harus menggunakan media pasir atau arng sekam. Anda akan mendapatkan bonsai kawista terbaik anda dapat membentuknya dengan apa yang anda inginkan. Selain itu perawatan yang baik akan menjadikan bonsai anda sehat dan indah di pandang.


Di balik keindahanya pasti ada juga kelemahan tanaman ini. Pertumbuhan yang lambat sehingga memerlukan waktu yang cukup lama agar mendapatkan ukuran ideal yang dapat di jadikan bonsai karena memiliki diameter batang yang besar. Menjadi masalah utama dalam menanam bonsai ini. Tapi itu akan terbayarkan ketiak bonsai yang anda rawat dapat menjadi bonsai kawista juara karena itu akan mempengaruhi harga dari bonsai tersebut. Di sini saya juga akan memberikan cara membuat bonsai dengan cara sambung sisip dari jenis kawista. Yang perlu anda lakukan adalah:

1. Menentukan posisi sambung cabang pada kalan bonsai

Sebelum melakukan ini anda harus sudah membayangkan bagai mana bentuk dari bonsai yang anda inginkan. Karena di situlah akan di lakukan proses penyisipan.

2. Potong lalu pangkas daun dan rantingnya

Pada dasarnya proses ini dapat di lakukan pada tanaman lain. Entres pada tumbuhan dapat di ambil dari pucuk tanaman atau di ambil dari tanaman kawista lainnya.

3. Sayat bagian yang akan di sambung

4. Sambungkan potongan ranting dengan sayatan pada ranting

Pada proses penyelipan ini bagian yang tersayat harus masuk semua kedalam sayatan batang.

5. Ikat dengan tali plastik

Ikata sampai seluruh entres tertutu dan tidak lepas.

6. Pasang kawat agar batang terarahkan

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan bentuk yang sesuai dengan apa yang anda inginkan atau dapat di katakan agar terlihat rapi.


Jika anda ingin membentuk bonsai kawista yang anda miliki anda dapat menggunakan bentuk sapu terbalik atau broom dengan di atasnya melebar lalu menipis di kedua sisinya. Seperti pohon yang berada di gurun afrika . bentuk ini cocok untuk kawista karena ketahananya dalam konsdisi buruk di sebuah tempat. Selain itu batang dari kawista lentur sehingga mudah untuk di bentuk.