Cara Mudah Menanam Bonsái Jambu Di Rumah

Semakin berkurangnya lahan kosong saat ini berimbas pada banyak hal. Salah satunya adalah kesuiltan dalam bercocok tanam. Lahan yang semakin sempit khususnya di daerah perkotaan membuat banyak orang tidak bisa memiliki taman di rumahnya sehingga tidak memiliki tanaman berbagai tumbuhan hijau yang bisa menyegarkan pandangan mata. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menanam bibit tanaman di dalam pot atau bibit bonsái. Anda bisa menanam berbagai jenis tanaman bonsái di pot. Pot sendiri tidak akan memakan tempat yang banyak sehingga bisa diletakkan di mana saja dengan mudah. Ada pun untuk pilihan bibit bonsái, anda bisa memilih untuk menanam bibit bonsái dari tanaman buah, seperti bibit bonsái jambu. Ada pun bibit bonsái jambu yang saat ini bisa ditemui dengan mudah meliputi bonsái jambu air, bonsai jambu kerikil, dan bonsái jambu klutuk.


Setiap bonsái jambu tersebut dapat anda tanam di pot dan anda letakkan di teras atau pun ruang lainnya yang anda inginkan agar bisa menyegarkan pandangan mata anda. Selain itu, menanam bibit bonsái jambu di rumah akan memberikan anda keuntungan apa bila tanaman tersebut tumbuh subur dan berbuah. Anda bisa menikmati buah jambu dari hasil bercocok tanam yang anda lakukan sendiri. Ada pun untuk menanam bonsái jambu tersebut tidak lah sulit. Misalnya saja untuk menanam bonsai jambu air, maka anda hanya perlu menyiapkan pot yang berukuran cukup besar, tanah gembur dan pupuk, serta air untuk menyiram tanaman tersebut. Pada saat anda memasukkan bibit bonsai ke dalam pot, jangan lupa untuk memotong akar tunggangnya sedikit serta potong juga separuh dari lebar daun. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penguapan yang berlebihan.


Hal yang sama juga bisa anda lakukan jika anda menanam bibit bonsai jambu kerikil, mau pun jambu klutuk. Apa bila anda ingin mendapatkan hasil buah yang baik dari tanaman tersebut, maka anda perlu menjaganya dengan baik. Selalu siram tanaman bonsái jambu yang anda miliki. Intensitas penyiraman air pada tanaman juga harus meningkat pada saat musim kemarau. Selain itu, anda juga perlu memangkas cabang tanaman, khususnya pada bagian cabang yang berada dekat dengan batang utama yang berbuah. Hal paling penting lainnya yang juga harus anda lakukan adalah rutin memberikan pupuk. Dengan rajin memberikan pupuk pada tanaman bonsai tersebut maka kemungkinan tanaman bonsai jambu yang anda tanam untuk berbuah akan semakin besar.


Apa bila anda ingin tanaman bonsai jambu milik anda berbuah lebat maka anda perlu memberikan campuran dari pupuk kandang, PPC, dan NPK secara berkala. Untuk jumlah pupuk kandang harus lah lebih banyak dari pada pupuk yang lainnya dan diberikan setiap 6 bulan sekali. Sedangkan PPC diberikan pada tanaman bonsái setiap bulan, serta NPK setiap 4 bulan sekali. Tetap lah memberikan pupuk meski pun tanaman bonsái yang anda miliki telah memiliki buah karena hal tersebut akan membuat tanaman anda selalu terjaga. Dengan memperhatikan pemeliharaan dari tanaman bonsai tersebut, maka anda dapat memiliki tanaman yang subur. Pemberian pupuk pada setiap tanaman jambu bonsái sama, baik itu bonsái jambu air, bonsái jambu kerikil, atau pun bonsái jambu klutuk Sekian pembahasan cara mudah menanam bonsái jambu di rumah. Semoga bermanfaat!