Cara Mudah Membuat Bonsai Bambu

Saat ini sangat susah menemukan tanaman hijau terlebih jika anda berada didaerah perkotaan. panas terik ditambah dengan polusi yang semakin merajalela membuat kualitas udara menjadi semakin buruk. Tidak mengherankan jika kemudian banyak warga yang mengeluh mengalami sesak nafas. Padahal jika anda memang berniat untuk mengurangi polusi anda tidak perlu repot-repot menyuruh orang lain. Anda dapat memulianya dirumah anda sendiri atau lingkungan anda sendiri. Bagi anda yang tidak memiliki lahan yang cukup, anda tidak perlu berkecil hati karena saat ini banyak inovasi baru yang memudahkan anda menanam pohon apapun. Salah satunya dengan menjadikan tanaman tinggi menjadi tanaman bonsai. Tidak dipungkiri jika harga tanaman bonsai saat ini tinggi. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika anda melakukan budidaya bonsai sendiri.

Cara mudah membudidayakan bonsai

Untuk anda yang ingin melakukan budidaya bonsai anda tidak perlu ragu dan khawatir karena modal yang diperlukan tidak banyak. Yang paling penting dalam budidaya tanaman hias bonsai, sangat memerlukan kesabaran dan juga ketelitian. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mendapatkan bonsai yang memiliki nilai seni yang tinggi dan juga memiliki umur yang panjang serta tahan terhadap berbagai macam penyakit yang ada. Semakin unik bentuk model bonsai anda, maka akan semakin mahal harga bonsai anda tersebut.


Bagi anda yang ingin melakukan budidaya bonsai tapi bingung menentukan jenis tanaman yang akan dibonsai, maka anda tidak perlu khawatir karena anda dapat membuat bonsai bambu. Kenapa bambu? Bambu memiliki nilai estetika yang tinggi. Selain itu, ruas yang ada pada bambu juga dapat menjadi nilai tambah dalam pohon tersebut. Selain itu, bambu memiliki warna kuning yang cantik terlebih saat dipadukan dengan daunnya yang memiliki warna hijau. Kelebihan yang lain adalah bambu dapat dengan mudah ditemukan dilahan dan dapat dibudidayakandengan mudah dan tidak memerlukan perhatian intensif dibandingkan dengan tanaman lain. Namun, untuk masalah harga bonsai bambu ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi terutama untuk model bonsai yang unik dan menarik.


Cara membuat bonsai bambu tidaklah sesulit yang anda pikirkan. Hal pertama yang harus anda siapkan untuk memulai budidaya bonsai adalah pot, media tanah, tunas bambu yang masih kecil, pupuk, dan juga pembasmi hama. Cara membuatnya pertama siapkan pot yang memiliki ukuran sedang. Isi pot dengan media tanah, pasir dan juga pupuk. Sesudah pot diisi dengan media tanah, selanjutnya ambil tunas bambu yang sudah anda siapkan sebelumnya. Selanjutnya tanam dalam pot tersebut. Jangan lupa untuk menekan tanah agar tunas tidak roboh.


Langkah selanjutnya untuk budidaya bonsai dengan menyemprotkan air atau memercikkan air keseluruh media tanah. Jangan menumpahkan air. Percikan bertujuan agar tanah menjadi lembab tidak basah tergenang. Sesudah itu letakkan bonsai ketempat yang terang. Terang disini adalah tempat yang cukup cahaya matahari. Agar bonsai terbentuk, bungkus tanaman dengan kantung plastik atau masukkan pada miniatur kaca. Anda dapat memilihnya salah satu. 


Budidaya bonsai selanjutnya adalah dengan melakukan penyiraman jika dirasa tanah cukup kering. Penyiraman cukup dipercikkan atau disemprotkan saja. Selanjutnya, jangan lupa untuk memberi pupuk secara berkala dan memberikan semprotan insektisida agar tanaman bebas dari hama dan penyakityang akan menjadikan tanaman tidak tumbuh dengan subur dan sehat. Cek secara berkala, jika tanaman mengalami gangguan.