Cara Merawat Tanaman Bonsai Harian

Share:
Bonsai adalah salah satu tanaman yang memiliki daya tarik bagi sebagian orang-orang. Tanaman bonsai ini adalah pohon yang memang sengaja dikerdilkan. Biasanya bonsai ini dibuat untuk membuat miniature dari pohon asli yang besar dan sudah tua di alam bebas.

Tanaman bonsai istilahnya juga digunakan di Jepang untuk seni tradisional dalam memelihara tanaman di sebuah pot yang dangkal.Di Jepang, tanaman bonsai ini diapresiasi dari indahnya bentuk daun, dahan, batang, dan akar tanaman.

Selian itu, pot yag digunakan untuk menanam tanaman bonsai juga jadi kriteria apakah tanaman bonsai tersebut dianggap bagus atau tidak. Memiliki bonsai yang bagus tidaklah susah, yang penting dengan perawatan yang baik dan tepat anda akan memiliki tanaman bonsai yang indah.


Jadi, untuk membuat tanaman bonsai anda tetap terlihat baik dan bagus, perlu dilakukan yang namanya perawatan yang baik juga. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat bonsai agar tetap terjaga keindahannya.

Tips merawat bonsai yang pertama adalah mengganti pot. Seperti yang kita tahu, tanaman bonsai ditanam dalam pot yang dangkal. Sehingga, membuat pot harus selalu diganti. Tujuannya adalah untuk mendorong pertumbuhan akar yang baru.

Jika anda ingin mengganti pot yang sudah digunakan menanam bonsai, anda bisa memilih pot yang memiliki ukuran lebih besar dari sebelumnya. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk mengakomodasi perkembangan dari tumbuhan bonsai.

Pot dari tanaman bonsai tersebut juga harus memiliki lubang di bagian bawahnya. Kaena dengan begitu, memungkinkan kelebihan air yang masuk dalma pot bisa mengalir keluar dan lubang ini juga berfungsi agar akar bonsai tidak terendam oleh air.

Tips merawat bonsai yang kedua adalah dalam hal penyiraman. Saat anda menyiram bonsai, usahakan jangan menyiram terlalu banyak. Karena hal tersebut bisa membuat tumbuhnya jamur dan akar dari tanaman bonsai akan menjadi busuk.

Tetapi, tanaman bonsai jangan sampai kekeringan karena nanti tanaman tersebut bisa mati. Jika anda ingin mengecek tingkat kelembaban dari tanaman bonsai anda bisa menusukan tusuk gigi ke dalam media tanam.

Tips merawat bonsai selanjutnya adalah dalam hal penyiangan dan pemangkasan. Tanaman bonsai memang diperlukan untuk dijemur, tetapi harus berhati-hati karena jika terlalu lama terpapar matahari bisa jadi tanaman bonsai akan menjadi rusak.

Tanaman bonsai juga harus mendapat perlakuan yang tepat dalam hal penyiraman, penemuran di bawah matahari, dan pemangkasan agar tanaman bonsai mempunyai kualtias yang baik dan tetap sehat.

Itu dia beberapa tips merawat bonsai. Memang, merawat bonsai bukanlah hal yang susah ataupun rumit. Jika anda melakukannya dengan sabar dan penuh ketelatenan, maka anda akan memiliki tanaman bonsai yang indah. Semoga informasi di atas bisa membantu anda yang ingin merawat bonsai dengan lebih baik.