Cara Merawat Bakalan Bibit Bonsai Harian

Cara merawat bakalan bibit bonsai harian - Bakalan bonsai sebaiknya harus dilakukan perawatan dengan cara khusus. Untuk merawat bakalan bonsai sampai menjadi tanaman bonsai dewasa tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Karena bakalan bonsai ini merupakan jenis tanaman yang sensitif, jika dilakukan perawatan dengan cara sembarangan maka tanaman tidak dapat tumbuh kerdil dan menarik.

Dalam hal melakukan perawatan, ada yang disebut dengan training. Training merupakan masa percobaan dimana tanaman tersebut layak atau tidak nya untuk dijadikan tanaman bonsai.


Jika tanaman layak diuji dan benar-benar tahan untuk dijadikan tanaman bonsai, maka langkah yang dapat kita lakukan selanjutnya ialah memberikan perawatan khusus untuk bakalan bonsai.

Biasanya perawatan tanaman bonsai tidak membutuhkan banyak biaya. Bahkan perawatannya hanya dapat dilakukan dengan menggunakan tenaga kita sendiri. Seperti penyiangan, penggemburan tanah dan melakukan perbanyakan, serta jenis perawatan lainnya.

Perawatan tunggul bonsai beserta tanahnya

Jika melakukan perawatan pada tunggul tanaman bonsai, harus dilakukan beserta dengan tanahnya. Karena tanah asli yang menempel pada akar tanaman tersebut, dapat membantu pertumbuhan tanaman bonsai kedepannya agar dapat tumbuh dengan subur dan bagus.

Sebaiknya tunggul harus diletakkan didalam wadah yang berukuran sangat kecil, agar hasil tanaman bonsai dapat tumbuh kerdil, dan hasil nya dapat sesuai keinginan.

Jika ingin melakukan perawatan tunggul dengan baik, biasanya tanaman tersebut harus ditanam di daerah perkebunan. Karena jika ditanam didaerah perkebunan, tanaman akan mengalami tingkat kesuburan yang bagus.

Selain itu, kita harus memilih tempat penanaman yang lokasinya kering di dalam perkebunan tersebut. Jika terlalu basah, maka tanaman tersebut akan mudah terserang penyakit.


Perkebunan yang dipilih harus tidak ada pohon-pohon untuk peneduh, karena tanaman bonsai tidak bisa hidup tanpa cahaya sinar matahari secara langsung.

Biasanya, untuk melakukan perawatan pada tanaman bosani, kita dapat memberikan pupuk kandang. Karena jenis pupuk kandang dapat meningkatkan kesuburan tanaman selain itu pupuk kandang sangat mudah didapatkan dimana saja, tanpa memikirkan harga pupuk yang akan di berikan ke tanaman bonsai.

Sebaiknya, lakukan perawatan pada tanaman bonsai ini setiap hari. Jangan sampai hama dan penyakit menyerang tanaman ini terlebih dahulu. Jika hama dan penyakit sudah menyerang, penyembuhan akan sulit dilakukan.