Cara Menanam Bonsai Murbei

Bonsai dari jenis tanaman murbei ini sangat mudah untuk di tanam, paling mudah tumbuh tetapi sulit untuk mendapat hasil maksimal dari bonsai ini. Bisa di katakan bonsai jenis ini susah-susah gampang. Ini terjadi karena daun pada murbei biasanya akan habis karena di gerogoti oleh ulat sutra. Wajar saja memang daun murbei merupakan makanan dari ulat sutra. Jika anda membuat membuat bonsai ini maka jangan kaget karena ketika daun tumbuh tiba-tiba akan banyak sekali ulat sutra yang memakan habis daunnya. Harga bonsai murbei yang di tawarkan sekitar Rp. 75.000 – Rp.200.000 untuk bibitnya jasa. Jika sudah menjadi bonsai dewasa maka harga yang di tawarkan sekitar 1 juta. ini adalah harga yang sangat murah untuk ukuran bonsai.


Pohon ini berasal dari cina dan dapat tumbuh baik di daerah dengan ketinggian lebih dari 100 mdpl. Tanaman ini memerlukan banyak sinar matahari. Banyak sebutan untuk tanaman murbei seperti kitau, sangye, maymon, dau tam, morus leaf, morus fruit, mulberry, murbain, dan masih banyak lagi. Untuk gambar bonsai murbei anda dapat melihtat di sebuah pencarian yang akan menampilkan bonsai dengan keindahan yang membuat anda ingin memilikinya. Ciri dari pohon ini memiliki tinggi sekitar 9 m, memiliki cabang dan daun yang banyak, jika cangnya muda maka memiliki rambut halus, daun tunggal dan letak yang berseling, memiliki tangkai dengan panjang 4 cm. Helai daunnya berbentuk bulat telur serta bergerigi pada sampingnya dan daunya berwarna hijau.


Sebenarnya ada 100 jenis murbei yang ada tapi yang terkenal hanaya 6 saja. Di sini saya akan memberikan cara membuat bonsai murbei. Yang harus anda siapkan adalah lokasi penanaman yang harus memenuhi persyaratan serta iklim yang cocok untuk tanaman murbei. Tanaman ini dapat tumbuh di segala jenis tanah, namun tetap harus di perhatikan keadaan tanah supaya bonsai ini dapat tumbuh subur. Hindari tanah sebagai media bonsai tergenang oleh air karena akan berdampak buruk pada tanaman. Selanjutnya adalah persemaian atau pengadaan bibit ini biasanya dmenggunakan cara stek karena dianggap lebih berhasil dan mudah untuk di lakukan. Stek yang di bilang dapat di jadikan bibit harus memiliki panjang 20-25 cm, memiliki diameter 1-2 cm dan ruas sekitar 3-4 ruas atau buku. Stek di ambil ketika tanaman sudah berumur lebih dari 1 tahun. Kesehatan batang atau tanaman juga harus di perhatikan. Harus di potong kira-kira 45 derajat. Selanjutnya persemaian murbei dengan menggunakan polybag.


Untuk ukuran yang di gunakan panjang 25-30 cm dan lebarnya 15 cm. Isi polybag dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang serta kapur secukupnya. Jangan lupa untuk melubangi polybag agar air tidak menggenang. Tanam setiap 1 polibag berisi 1 stek. Anda dapat memindahkan ke lapangan jika stak berusia 3 bulan. Jaga agar tanaman tetap lembab dengan melakukan penyiraman setiap hari.

Selanjutnya proses penanaman bonsai dengan menggunakan sistem lubang. Jarak penanaman biasanya 1 x 0,5 m, 1 x 0,4 m dan 0,5 x 0,5 m. Dengan lubang berukuran 40x40x40 cm atau 50x50x50 cm. Jangan sampai lupa untuk memberikan pupuk kandang atau kompos di dasar lubang 2-3 kg per lubang. Bila perlu anda tambahkan 7 gr kapur per lubang. Saat penanaman jangan sampai lupa untuk merobek plastik polybag lalu di tutup dengan tanah dan sedikit ditekan.