Cara Membuat Tanaman Bonsai Paling Mudah

Share:
Bonsai merupakan salah satu teknik untuk memperindah tanaman hias sehingga tidak heran bila bonsai disukai oleh banyak orang. Harga bonsai yang terbilang relatif mahal ini merupakan suatu daya tarik tersendiri bagi pengusaha untuk berbisnis bonsai ini.

Tanaman yang bisa di bonsai umumnya yaitu tanaman yang memiliki umur yang panjang dan pada umumnya bonsai menggunakan tumbuhan yang berkayu. Sebenarnya siapapun bisa membuat bonsai asalkan mau tekun dan juga sabar dalam perawatannya. Pohon yang akan dijadikan bonsai biasanya disebut juga dengan bakalan bonsai. Bakalan ini bisa anda dapatkan dari alam melalui cangkok, stek ataupun cara yang lain.


Cara membuat tanaman bonsai bisa anda mulai dengan pemilihan jenis pohon yang memiliki cabang yang banyak sehingga anda tinggal membentuk memperlakukan sesuai dengan keinginan anda. Misalkan saja dengan cara dipotong ataupun dikreasikan agar bisa dibentuk menjadi tanaman bonsai.

Bonsai merupakan sebutan untuk tanaman yang dikerdilkan. Tanaman bonsai banyak digemari oleh banyak orang karena unik dan juga menarik bila dijadikan sebagai tanaman hias. Kini banyak orang yang ingin membuat tanaman bonsai namun mereka masih bingung dengan cara membuatnya. Sebenarnya untuk dapat membuat tanaman bonsai itu bukan hal yang mudah, dikarenakan membutuhkan waktu yang lama hingga bertahun-tahun.

Berikut dibawah ini beberapa cara membuat tanaman bonsai yang bisa anda coba terapkan:

Cara membuat tanaman bonsai yang pertama yaitu lakukanlah pemotongan. Anda bias melakukan pemotongan pada bagian batang yang kurang sehat dan pertumbuhan yang terbilang kurang bagus.

Selain pemotongan anda juga perlu melakukan pengawetan. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, anda bisa melakukan pengawetan dengan teliti, jangan sampai terlalu kencang juga dan jangan juga terlalu longgar.

Langkah cara membuat tanaman bonsai selanjutnya yaitu penempatan dipot. Cara penempatan tanaman bonsai dipot, anda tidak harus memposisikannya ditengah pot. Melainkan anda bias memposisikan sesuai dengan pola tumbuh tanaman itu sendiri.Misalkan saja bulat, lonjong ataupun kotak.

Menciptakan kesan tua pada tanaman bonsai anda. Terlihat tua merupakan salah satu nilai plus bagi bonsai karena bonsai yang Nampak tua harganya pun lebih mahal. Bonsai yang tua itu biasanya merunduk hingga menyentuuh tanah dan cabangnya pun bisa rata.Setelah anda mengetahui cara membuat tanaman bonsai, langkah selanjutnya adalah bagaimana merawat tanaman bonsai tersebut. Berikut di bawah ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat bonsai. Diantaranya yaitu:

Anda bisa melakukan penyiraman pada tanaman bonsai saat pagi hari dan juga sore hari agar asupan airnya bisa tercukupi. Pemupukan pada tanaman bonsai ini bertujuan untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tanaman.Penyiangan tanaman bonsai. Anda bisa melakukan penyiangan setiap hari. Hal ini bertujuan agar hama dan juga gulma pada tanaman bisa bersih.

Hal yang terakhir yaitu pembukaan kawat. Pembukaan kawat harus anda lakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan luka pada tanaman bonsai.Cara membuat tanaman bonsai sebenarnya hanya membutuhkan ketekunan anda dalam merawatnya. Anda harus memperhatikan dengan benar cara membuat tanaman bonsai dengan memerhatikan perawatan tanaman bonsai anda agar bisa menjadi bonsai yang menarik.

No comments