Cara Membuat Bonsai Dengan Berbagai Variasi Jenis Yang Mengagumkan

Jika anda selama ini merupakan seorang pengagum tanaman bonsai, maka pasti ada waktunya ketika suatu hari anda penasaran tentang bagaimana sebenarnya Cara membuat bonsai. Ini adalah pertanyaan yang wajar sebab dengan mengetahui jawabannya maka anda bisa berkreasi sendiri dan menciptakan bentuk-bentuk yang indah. Bahkan kalaupun hasilnya tak lebih bagus daripada jenis yang anda beli, akan tetapi anda pasti akan merasakan kepuasan tersendiri ketika melihat hasil karya anda menjadi penghias rumah anda. Hal itu akan menjadi kebanggaan yang tak bisa dinilai dengan uang.

Pada dasarnya Cara membuat bonsai tidaklah sukar akan tetapi anda membutuhkan modal dasar ketelitian. Hal itu lalu harus didukung juga dengan pengetahuan anda tentang bentuk-bentuk bonsai yang indah. Jika anda memiliki otak kreatif maka anda akan sangat cocok menjadi pembuatnya. Bentuk-bentuk yang indah hanya akan muncul dari otak yang kreatif karena pembuatan tanaman hias ini pada dasarnya merupakan suatu karya seni. Anda tak memiliki rumus spesifik selain petunjuk-petunjuk dasarnya. Sisanya harus anda kembangkan sendiri sesuai dengan pemikiran kreatif anda tentunya.

Beberapa Contoh Cara Membuatnya

Bentuk-bentuk yang indah dari tanaman hias ini diciptakan dengan cara berbeda tergantung jenis tanaman yang dijadikan bahan dasarnya. Cara membuat bonsai memang dibedakan berdasarkan karakteristik tanaman tersebut. Sejak awal anda harus mengetahui tanaman yang anda pilih, kemudian barulah anda mempraktekkannya sesuai dengan karakteristik tanaman itu sendiri. Anda misalnya bisa mempraktekkan cara membuat bonsai pohon asem dengan detail yang sedikit berbeda dengan ketika anda memilih menggunakan tanaman lain misalnya kelapa.


Salah satu yang juga bisa menarik bagi kebanyakan orang adalah jenis bonsai serut. Jika sudah demikian, anda tentu harus tahu juga bagaimana cara membuat bonsai serut. Sebagai tipe bonsai miniatur pohon pada umumnya, maka anda harus memperhatikan tanah sebagai media tanamnya. Jenis tanah yang paling cocok untuk jenis ini adalah tanah gunung. Tidak lupa juga anda harus menambahkan kombinasi antara pasir dan humus dengan perbandingan fifty-fifty. Ada dua proses Cara membuat bonsai yang harus ditempuh dalam kaitannya dengan media ini. Pertama anda bisa menggunakan pot kecil kemudian memindahkannya ke pot lain ketika tanaman anda sudah siap dipajang.

Bonsai kelapa memang terdengar lucu di telinga anda. selain itu, ketika melihatnya anda mungkin memang akan menemukan bahwa bentuk bonsai yang satu ini memang lucu, tidak mengherankan jika kemudian anda akan penasaran mengenai cara membuat bonsai kelapa itu sendiri. Memang tidak rumit sebenarnya apalagi jika anda sudah mengenal proses pembibitan kelapa. Bibit yang anda pilih untuk mempraktekkan Cara membuat bonsai jelas harus bibit unggul. Yang kemudian nanti membedakannya dengan pohon kelapa beneran adalah bahwa tipe bonsai ini akan menampilkan pohon kelapa mini yang memiliki cabang.

Cara membuat bonsai yang lain yang mungkin bisa membuat anda tertarik adalah cara membuat bonsai beringin. Ada sebagian orang yang percaya bahwa tipe bonsai yang satu ini memiliki karakter yang mistik. Hal itu erat kaitannya dengan pohon beringin yang memang cenderung tumbuh rimbun dan mengayomi. Karena itulah ketika membuatnya, anda harus telaten dalam hal pupuk dan juga bentuk wadahnya. Usahakan bentuk wadah yang digunakan tipenya lebar dan komposisi pupuknya harus dijaga secara berkala supaya pertumbuhannya berkembang dengan baik.