Cara Membuat Bonsai Beringin Cantik dan Mudah

Cara Membuat Bonsai Beringin – Berkebun di rumah menjadi suatu kegiatan yang dapat menyenangkan. Dengan adanya kebun di dalam rumah, ini akan menjadi sarana membuang stres dan membuat rumah menjadi lebih indah. Namun untuk membuat kebun, diperlukan berbagai macam pertimbangan dan salah satu yang paling diperhatikan adalah tentang ketersediaan lahan.

Anda bisa menyesuaikan jenis tanaman yang ingin anda tanam dengan menyesuaikan luas rumah anda. Jika halaman rumah anda tidak terlalu besar, saran saya anda bisa menanam tanaman hias yang berukuran kecil. Salah satu yang bisa anda tanam adalah bonsai.

Bonsai merupakan tanaman yang telah diperlakukan sedemikian rupa sehingga bentuknya jauh lebih kecil di bandingkan aslinya. Tanaman bonsai biasanya di tanam di dalam pot. Tidak semua tanaman bisa dijadikan bonsai, namun yang paling terkenal adalah bonsai beringin. Anda yang masih belum pernah tahu pasti akan bingung, pohon beringin yang besar dan tinggi bisa dibuat ukuran kecilnya, bahkan dengan bentuknya bisa lebih menarik di banding aslinya.


Harga sebuah bonsai memang agak mahal, namun jangan khawatir karena anda bisa mempraktekkan cara membuat bonsai beringin sendiri. Jelas dengan membuat sendiri, anda bisa lebih menghemat biaya dan pastinya anda akan bangga melihat bonsai beringin yang anda buat sangat bagus. Jika anda benar-benar ingin membuat bonsai sendiri, berikut ini 6 cara membuat bonsai beringin cantik dan mudah.

Cara Membuat Bonsai Beringin

Persiapan Alat dan Bahan

Langkah pertama cara membuat bonsai beringin sendiri adalah dengan menyiapkan bonggol pohon beringin. Pilihlah bonggol yang berukuran sedang dan memiliki pola unik. Selain itu, anda perlu menyiapkan bahan-bahan lain yang diperlukan, seperti media tanam berupa tanah, gunting khusus tanaman, kawat ukuran 3 mm, dan pot yang besarnya bisa disesuaikan dengan ukuran bonsai yang ingin dibuat.

Persiapan Media Tanam

Untuk membentuk bagian batang yang cantik, sebaiknya anda menggunakan media tanam bonsai beringin yang memiliki struktur padat dan sedikut unsur hara. Hal ini untuk mendapatkan batang ideal dalam membuat pohon bonsai. Anda bisa gunakan tanah dan sedikit batu-batu kecil.

Pembuatan Pola

Langkah selanjutnya adalah membuat pola bonsai beringin. Untuk mendapatkan pola yang anda inginkan, anda harus mengikat batang bonsai menggunakan kawat. Kawat berfungsi sebagai penahan batang sehingga akan membentuk pola tertentu. Lama pembentukan pola bonsai ini tidak bisa dipastikan, tergantung dari kualitas bonggol pohon yang anda gunakan.


Tentu untuk mendapatkan pola yang bagus, anda tidak boleh sembarangan melilit kawat pada bonsai. Anda bisa melilit melingkar dari pangkal hingga ujung batang. Anda harus membuat lilitan yang kencang. Untuk membuat batang tidak patah, dalam melilit kawat anda bisa gunakan tang.

Proses Pemupukan

Jika bonsai telah anda letakkan di dalam pot dan media tanam, langkah selanjutnya adalah proses pemupukan. Proses ini sebenarnya merupakan proses yang biasa dilakukan untuk menanam tanaman hias. Namun yang perlu diperhatikan dalam menanam bonsai, unsur yang harus terkandung dalam pupuk adalah nitrogen, fosfor dan potassium. Ingat, jangan gunakan pupuk yang mengandung unsur hara tinggi, agar bonsai tidak tumbuh terlalu besar.

Proses Perawatan

Pada tahapan ini, pohon bonsai beringin anda sudah bisa dibiarkan saja. Pohon bonsai perlu beradaptasi terhadap media tanam yang baru. Proses ini berlangsung kurang lebih 2-3 minggu. Pada masa ini, anda tidak perlu lagi memberikan pupuk. Anda cukup menyiram air setiap pagi dan malam hari, dan letakkan bonsai beringin pada area yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Proses Pemangkasan

Setelah bonsai beringin sudah memiliki pola seperti yang anda inginkan, anda tetap harus rajin memangkas akar bonsai. Hal ini tentunya untuk menjaga pola bonsai beringin anda. Pemangkasan juga dilakukan pada daun bonsainya. Lakukan pemangkasan ini secara berkala untuk memperoleh bonsai beringin yang cantik.


Itulah cara membuat bonsai beringin cantik dan mudah. Semoga saja apa yang sudah saya sampaikan bisa segera anda praktekkan di rumah. Ingat, anda harus memilih bonggol pohon yang memiliki pola cantik dan sehat. Jangan gunakan bonggol yang banyak luka ataupun yang terlalu besar. Selain susah untuk di bentuk, menggunakan bonggol yang besar lebih terlihat kurang menarik.