Cara Membentuk Tunggul Sebagai Bahan Bonsai

Cara membentuk Tunggul Sebagai bahan bonsai - Agar tetap terlihat cantik dan menarik, sebaiknya tunggul yang masih berukuran kecil harus dilakukan pembentukan. Karena pembentukan dapat membantu tunggul yang tadinya tidak berbentuk atau biasa saja dapat tetap terlihat selalu menarik dan cantik.

Tetapi, tunggul bonsai yang dapat dibentuk hanya sebagian saja. Tidak semua jenis tunggul bonsai yang dapat di bentuk menjadi menarik.

Jika anda mendapatkan tunggul bonsai yang cacat, sebaiknya tunggul tersebut jangan dibuang, karena jenis tunggul yang cacat dapat menimbulkan keindahan tersendiri bagi tanaman. Tetapi, tunggul yang diminta ialah tunggul yang cacat sudah dari alam, bukan cacat buatan.


Tunggul yang mengalami cacat dari alam tidak perlu dilakukan pembentukan lagi, karena sudah terbentuk dengan sendirinya.

Perawatan yang baik dari tunggul yang cacat ini dapat membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Karena tunggul ini bernilai harga yang cukup tinggi.

Jika anda ingin melakukan pembentukan tunggul agar terlihat menarik, maka berikut ini adalah alat-alat yang dapat digunakan untuk melakukan pembentukan tunggul tersebut :

Pahat Tunggul Bonsai

Untuk membentuk tanaman, kita perlu menggunakan pahat. Karena pahat merupakan alat yang paling cocok untuk dijadikan sebagai alat pembentuk tanaman,

Gergaji Tunggul bonsai

Geraji berfungsi sebagai alat untuk memotong batang yang keras, batang yang keras sangat sulit dijangkau oleh alat lain selain gergaji.

Gunting Bagian batang bonsai

Kegunaan gunting pada proses pembentukan tunggul tanaman memang banyak, seperti membentuk bunga, daun dan ranting tanaman. Gunting ini memegang peran penting dalam proses pembentukan tunggul.

Gunting untuk melakukan pembentukan ini memiliki berbagai macam jenis dan bentuknya. Gunting yang berukuran besar khusus digunakan untuk pembentukan batang dan ranting-ranting.

Sedangkan gunting yang berukuran kecil, khusus digunakan untuk pembentukan daun dan bunga-bunga pada tunggul bonsai. Untuk melakukan pembentukan ini, sebaiknya kita tidak menggunakan gunting yang sembarangan.

Kawat Untuk Melilit Bonsai

Alat ini berfungsi untuk membentuk tanaman dengan cara mengikat kawat pada bagian tunggul tanaman.

Kawat yang digunakan untuk melakukan pembentukan ini dapat kita ambil kawat yang sesuai dengan jenis tanaman nya. Jika tanaman nya berukuran kecil, maka kita harus menggunakan kawat yang kecil pula.