Cara Membentuk Merapikan Batang Bonsai

Cara membentuk merapikan batang bonsai - Mengoreksi cabang tanaman bonsai yang tumbuh mengarah ke bagian depan tanaman itu perlu dilakukan, karena cabang yang keluar mengarah ke depan pada tanaman dapat membuat tanaman menjadi kelihatan tidak bagus atau bisa dibilang jelek.

Cabang yang mengarah ke depan pada tanaman sangat mengganggu penampilan dari tanaman bonsai.

Tetapi cabang yang mengarah kedepan pada tanaman bonsai ini dapat di atasi dengan cara membuang cabang atau cabang tetap dipelihara begitu saja.


Jika ingin mengetahui cara-cara mengoreksi batang yang mengarah ke depan tanaman, coba lihat berikut ini :

Koreksi cabang yang berukuran lebih besar dari batang tanaman

Jika ukuran cabang lebih besar dari pada batang tanaman, maka bentuk dari tanaman akan terlihat sangat aneh. Karena, dimana-mana tidak ada jenis tanaman yang cabangnya lebih besar dari pada batang tanaman tersebut.

Tetapi ini dapat diatasi dengan cara mengikis cabang agar dapat berubah menjadi seimbang dengan ukuran batang tanaman tersebut.

Cabang tetap dipelihara

Cabang yang mengarah ke depan tanaman bisa juga dipelihara, tanpa membuang cabang tersebut.

Tetapi jika cabang tetap ingin dipelihara, maka kita harus melakukan perawatan yang optimal pada cabang yang akan tetap dipelihara tersebut.

Koreksi cabang yang tumbuh menyilang pada batang tanaman

Cabang yang tumbuh menyilang pada batang tanaman bonsai, harus segera dikoreksi. Karena jika tidak maka batang yang menyilang tersebut dapat mengganggu masa pertumbuhan tanaman bonsai, sehingga tanaman tidak dapat tumbuh lurus ke atas.

Jika ingin memperbaiki cabang batang yang menyilang, maka kita harus melakukan pemotongan pada salah satu cabang tanaman tersebut. Pilihlah salah satu cabang yang menurut anda lebih baik dari pada cabang yang satu lagi.

Cabang dibuang

Jika kita ingin mengoreksi cabang yang tumbuh mengarah ke depan. Maka hal yang harus kita lakukan ialah membuang cabang pada tanaman tersebut.

Cabang yang harus dibuang yaitu cabang yang memiliki bentuk yang tidak bagus dan tidak menarik. Jika sampai cabang tidak dibuang, maka tanaman tersebut akan tumbuh seperti tanaman yang tidak diurus.