Cara Membentuk Bonsai Dengan Mudah dan Sederhana

Bonsai merupakan tanaman yang ukurannya sangat kerdil yang biasanya di tanam pada wadah pot yang sangat dangkal. Sebab dengan menggunakan pot dangkal, akar akar tanaman bonsai dapat terlihat menonjol dan hal tersebutlah yang menambah keindahan dari tanaman bonsai tersebut. Cara membentuk bonsai juga dapat di lakukan dengan sangat mudah dan yang di butuhkan adalah ketelatenan. Tanaman bonsai rupanya di lambangkan sebagai bentuk keharmonisan yang berasal dari alam semesta yaitu antara langit, bumi, dan juga manusia. Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak lagi mengenai bagaimana cara untuk menanamnya dan seperti apa cara untuk membuatnya menjadi tanaman bonsai maka langsung saja simak ulasan yang ada di bawah ini.

Menanam Bonsai Dari Biji

Cara membentuk bonsai atau menanamnya mulai dari biji dapat di lakukan dengan sangat mudah. Langkah pertama yang dapat di lakukan yaitu dengan menyediakan wadah pot terlebih dahulu. Gunakan jenis pot yang berukuran 70 cm. Bahan pot bisa plastik, tanah, semen, dan lain sebagainya. pada cara menanam bonsai dari biji ini yang perlu anda ketahui yaitu memilih jenis biji yang berkualitas. Kemudian meletakkannya ke dalam pot yang telah berisi media tanam. Setelah itu dapat disiram dengan menggunakan air. Untuk media tanam yang di perlukan adalah tanah berpasir serta pupuk tambahan.

Setelah cara menanam bonsai tersebut sudah selesai dan bonsai dapat tumbuh dengan baik maka di ketika bakal tanaman sudah mulai tumbuh di perlukannya tahap pembentukan atau pengkerdilan tanaman. Cara membentuk bonsai tersebut dapat di lakukan dengan menggunakan beberapa tahap yaitu mulai dari mengatur bagian cabang cabang tanaman serta ranting dan anak ranting, melakukan pengawatan, melakukan perundukan dengan menggunakan ikatan tali. Kemudian melakukan pemangkasan terhadap batang, ranting, cabang, daun serta tunas daun. Dan setelah itu melakukan koreksi bonsai.

Membuat Bonsai Aquascape

Saat ini yang sedang marak di perbincangkan adalah cara membuat bonsai aquascape yang dapat membuat tampilan aquarium menjadi lebih indah dan menarik serta terlihat unik. Cara membentuk bonsai aquascape ini dapat di lakukan dengan sangat mudah. Pertama sediakan bahan bahan yang di perlukan yaitu kayu santigi bonsai atau dapat juga dengan menggunakan kayu rasamala yang di jadikan sebagai media tanamnya. Kemudian sediakan lem atau dapat juga dengan menggunakan benang untuk dapat menempelkan bagian ikatan moss.


Juga di perlukan sponge atau busa yang nantinya akan di gunakan untuk menempelkan media pada ranting. Setelah itu juga di perlukan weeping moss atau dapat juga dengan menggunakan christmast moss yang nantinya akan di gunakan sebagai pohonnya. Cara membentuk bonsai aquascape ini memang sangat mudah dan sederhana. Saat proses pengeleman sudah selesai disarankan untuk menunggu agar lem benar benar sudah kering dan kuat. Setelah itu baru dapat di masukkan ke dalam aquarium.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui mengenai cara membentuk bonsai. Jika harga bonsai tergolong sangat mahal maka kini anda dapat membuatnya sendiri dengan sangat mudah dan tentunya tidak memerlukan banyak dana. Tanaman bonsai dapat dijadikan sebagai hiasan yang di letakkan pada tiap tiap ruangan yang anda inginkan. Tidak hanya itu saja, untuk tanaman bonsai aquascape juga terlihat menarik dan dapat mempercantik tampilan aquarium. Dengan ulasan di atas kini anda memiliki panduan untuk dapat membuat bonsai dengan sederhana.