Cara Membentuk Batang Bonsai Kelihatan Unik

Cara Membentuk Batang bonsai Kelihatan unik - Pertumbuhan pada jenis tanaman bonsai ini tidak berjalan mulus seperti yang dilihat sebagai mestinya. Tanaman bonsai ini juga memiliki banyak kesalahan yang terjadi pada batang dan ranting tanaman.

Biasanya, kesalahan yang terjadi pada tanaman seperti batang ranting terlalu menjarak, batang tidak tumbuh kerdil dan batang tanaman tidak mengeluarkan daun.

Kesalahan seperti ini sering terjadi karena kelalaian ketika melakukan proses perawatan. Perawatan yang tidak benar dan tidak serius maka akan menimbulkan kesalah seperti ini. Kesalahan seperti ini dapat diperbaiki dengan sangat mudah apabila ditangani dengan cepat.


Memperbaiki kesalahan yang terjadi pada batang dan ranting tanaman bonsai dapat kita atasi dengan mengkoreksi hasil tanaman yang sudah ada.

Untuk mengkoreksi jenis tanaman ini, dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Berikut ini merupakan pengoreksian pada batang dan ranting yang terjadi kesalahan:

Koreksi cabang Bonsai yang tumbuh saling mengait

Kesalahan yang terjadi pada cabang tanaman yangsaling mengait memang harus segera kita lakukan pengoreksian. Karena cabang yang tumbuh saling mengait ini memiliki kesan yang tidak bagus atau tidak menarik.

Karena cabang yang tumbuh saling mengait ini dilihat seperti tanaman yang tidak diurus. Seperti halnya tanaman yang ada dihutan-hutan.

Jika kita ingin memperbaikinya, maka hal yang perlu dilakukan ialah memilih salah satu cabang pada batang tersebut. Tentukan batang yang mana yang pantasuntuk tetap tumbuh.

Koreksi cabang Bonsai yang tumbuh mengarah ke depan

Kita memang perlu mengoreksi cabang yang tumbuh mengarah ke depan. Karena bagian depan ialah bagian yang paling terpenting untuk jenis tanaman ini.


Maka dari itu kita perlu mengkoreksi cabang dengan membuang cabang-cabang yang tidak seharus nya ada dan menurut pandangan tidak penting.

Koreksi ujung batang Bonsai yang terpotong

Jika ujung batang tanaman terpotong, tanaman tersebut akan tampak sangat tidak menarik dan tidak disukai orang lagi. Tetapi, ujung tanaman yang terpotong ini dapat diperbaiki dengan cara membiarkan tunas yang baru tumbuh kembali.

Jika tunas yang diharapkan pada ujung batang yang terpotong tidak segera tumbuh, maka kita harus mencari cara lain agar tunas pada ujung batang yang terpotong tetap tumbuh seperti semula.