Bonsai Serut: Salah Satu Tanaman Primadona Orang Indonesia

Berbicara tentang bonsai maka kita akan mendapatkan banyak jenisnya namun ada salah satu jenis bonsai yang sedang populer dan mendominasi oleh orang Indonesia saat ini yaitu Bonsai Serut. Bonsai jenis ini menjadi primadona kebanyakan orang Indonesia karena memiliki bentuk yang menarik. Hal menarik ini bisa dilihat dari bentuknya dimana saat memandangnya anda akan melihat dunia yang lebih kecil. Bentuk dari bonsai jenis ini mirip dengan pohon yang dibuat dengan versi mini. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang tertarik dengan tanaman bonsai ini karena dengan segala kualitasnya bisa memanjakan mata anda saat melihat tanaman ini ada dirumah anda.

Indahnya Bonsai Serut

Jika anda seorang pemula an masih belum tahu tentang Bonsai Serut ini, anda bisa melihat ciri-cirinya yang sangat mudah ditebak. Ciri utama dari tanaman bonsai ini adalah daunnya yang berwarna hijau dan batangnya yang berwarna putih. Pada dasarnya daun dari pohon serut ini memang kecil sehingga saat dibonsai daunnya akan berbentuk lebih kecil lagi. Hal menarik lain yang bisa kalian lihat dari bonsai ini adalah cara penanamannya. Bonsai ini bisa ditanam diatas batu sehingga penampilan dan bentuknya akan menjadi lebih menarik sebagai penghias rumah anda dan tidak kaget pula jika banyak orang yang menyukainya


Berkaitan dengan bonsai serut diatas batu yang memiliki bentuk unik. Tidak seperti tanaman pada umumnya membonsai diatas batu ini cukup unik dan bisa membuat takjub semua orang saat melihatnya. Untuk membuat Bonsai Serut ini diatas batu anda bisa menemukan 2 jenis seperti pohon yang hidup dirongga batu namun akarnya tidak menembus ke media tanam dalam pot yang biasanya disebut isithisuki atau rock planting. Jenis yang lainnya adalah bonsai yang pohonnya tumbuh dalam batu dimana akar mencengkram batu tersebut sehingga akarnya akan menembus ke media tanam dalam pot dan biasanya akan disebut dengan nama sekijoru atau on the rock.

Jenis lain Bonsai Serut

Selain ditanam diatas batu yang membuat tanaman Bonsai Serut ini menjadi lebih indah dan menarik, bonsai ini juga bisa digunakan sebagai tanaman pagar. Pada awalnya memang tanaman serut ini digunakan sebagai salah satu tanaman pagar. Namun karena bentuknya yang begitu indah saat dibonsai maka bonsai serut pagar ini bisa membuat tampilan lebih indah dibanding ditanam sebagai tanaman pagar biasa. Dengan kata lain, melakukan bonsai seperti ini juga merupakan salah satu seni yang bisa anda lakukan dipekarangan rumah anda sendiri.


Selain itu, anda juga bisa membuat bonsai serut besar yang juga memiliki bentuk cukup menarik seperti model mini. Bonsai Serut yang memiliki ukuran cukup besar ini pun memiliki bentuk yang unik dan menarik dilihat dari batang dan daunnya. Hal yang wajib anda lakukan adalah pada saat pembentukan. Jika pada saat pembentukan bonsai tersebut anda sudah membentuknya dengan hati-hati dan berseni maka ukurannya yang besar tersebut bisa membuat orang terpesona pada bonsai jenis ini.

Oleh karena itu, jika anda ingin mendapatkan pemandangan yang indah anda bisa memilih Bonsai Serut ini sebagai salah satu pilihan terbaik anda karena pada bonsai jenis ini anda akan mendapatkan penampilan yang sempurna sebagai pohon mini. Selain itu media tanam yang unik seperti diatas batu juga bisa membuat tanaman ini menjadi pilihan terbaik sebagai tanaman hias disekitar rumah anda.