Bonsai Lebih Bernilai dari Emas

Bonsai adalah satu kata yang sering kita dengar terutama para peminat bonsai pasti lebih akrab dengan kata Bonsai. Untuk Pengertian Bonsai bisa anda baca di sini : Pengertian Bonsai .

Sesuai judul article ini yaitu Bonsai lebih berharga dari Emas, Ya !!! Menurut saya Bonsai lebih berharga dari emas, mengapa demikian ? berikut penjelasannya menurut pandangan saya :


Bonsai adalah suatu bagian keindahan di dunia ini yang dihasilkan oleh karya tangan para pengrajin, penghobi dan peminat bonsai. Bonsai banyak memberikan manfaat bagi kesehatan, sangat bermanfaat. Kesehatan adalah segala-galanya dan kesehatan itu mahal, Bonsai adalah salah satu alternatif yang baik untuk kesehatan, ketika melihat keindahan Bonsai pikiran kita menjadi tenang, rileks, aman, nyaman dan tenteram. Apakah anda merasakan itu ? coba sekejap anda menutup mata dan bayangkan serta resapi keindahan Bonsai, alangkah indahnya hidup ini.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, bonsai juga sangat bernilai dan bisa menjadi aset yang sangat berharga, mengapa ? berikut alasan bonsai sangat bernilai dari emas menurut pandangan saya :

Bonsai adalah suatu aset multifungsi, baik untuk kesehatan maupun untuk finance, jika kita melakukan perumpamaan analogi secara logika antara perbandingan dan persamaan dengan emas, maka seharusnya bonsai menjadi salah satu deretan pesaing nilai emas.
  1. Semakin lama usianya maka harga bonsai akan semakin mahal dan naik, hal tersebut sejalan dengan apa yang dilakukan untuk bonsai, diantaranya adalah perawatan dan penyempurnaan pohon bonsai. Semakin matang usia, bentuk serta keunikan bonsai, maka harga bonsai terseut akan menjadi fantastis.
  2. Harga bonsai sulit turun, harga bonsai selalu stabil dan bahkan bisa semakin naik dari setiap periode, karena Bonsai itu hidup, Bonsai adalah seni keindahan yang hidup, Bonsai adalah salah satu warisan dunia. Berbeda dengan emas, emas terkadang ada saja turunnya, tapi tetap emas adalah salah satu investasi dan aset yang menguntungkan serta menurut saya bonsai sangat layak sejajar dengan emas jika kita bisa merawat dan mengurus serta memperindah bonsai tersebut.
  3. Bonsai dapat menjadi pelengkap keindahan dekorasi ruang tamu, rumah, hotel, villa, taman, kolam renang dll, Bonsai cocok untuk pelengkap penghias apa saja, baik indoor maupun outdoor.
  4. Perawatan tidak mahal, siapa yang bilang mahal ? menurut saya sebagai penikmat bonsai, harga perawatan bonsai tidak mahal, jika bonsai adalah hobi kita tentu kita akan merawatnya dengan sebaik mungkin, kemungkinan uang yang dikeluarkan untuk merawat bonsai sangat kecil, biasanya yang di beli adalah pupuk/obat. Jika kita bisa membuat pupuk sendiri berarti perawatan bonsai itu gratis, Bonsai membutuhkan air dan pupuk/obat secukupnya agar tetap sehat, dan hal tersebut tergatung wilayah dan tata cara perawatan bonsai di wilayah maing-masing.
Itulah pandangan saya terhadap bonsai. Bagi yang setuju silahkan like, comment dan share.