Bonsai Kimeng, Keindahan Tanaman Hias, Dan Harga Yang Lumayan

Mungkin saja anda merasa sedikit aneh mendengar nama jenis bonsai kimeng. Bandingkan misalnya dengan nama beberapa jenis bonsai yang lain seperti bonsai beringin putih atau santigi karang misalnya, nama-nama itu jelas lebih indah. Akan tetapi jangan salah dengan mengira bahwa jenis yang satu ini sama sekali tidak indah. Banyak sekali orang yang justru memilihnya dibandingkan yang lain karena memang tampilannya tak bisa disangkal tidak kalah indahnya dengan berbagai jenis yang lain. Bahkan bagi sebagian orang jenis yang satu ini merupakan jenis favorit mereka.


Sebagai penjelasan tambahan, bonsai kimeng sebenarnya biasa dikategorikan di bawah kategori jenis bonsai beringin. Maka nama lengkap jenis yang satu ini sebenarnya adalah bonsai beringin kimeng. Sebagaimana tipe beringin pada umumnya yang dijadikan tanaman hias, maka untuk yang satu ini pun anda akan menemukan tampilan yang memukau lengkap dengan rimbun daun berwarna hijau. Akan sangat bagus untuk menggunakan tipe tanaman yang satu ini sebagai penghias rumah anda, khususnya ketika anda memang menyukai style klasik. Meski demikian, tidak tertutup juga kemungkinan bagi anda untuk mengkombinasikannya dengan gaya dekorasi modern.

Bonsai Kimeng dan Harga Mahal

Ada pendapat umum bahwa untuk mendapatkan yang terbaik maka anda harus berani membayar yang termahal. Maka salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan bonsai kimeng adalah dengan mengunjungi sentra penjualannya kemudian membeli bonsai kimeng termahal. Asalkan anda membeli dari sentra yang sudah terpercaya maka anda pasti akan mendapatkan yang terbaik. Meskipun demikian, anda tentu harus hati-hati juga supaya jangan sampai anda sudah mengeluarkan dana yang sangat besar sementara pada saat yang sama ternyata tanaman hias yang anda dapatkan sama sekali tidak seindah yang anda harapkan. Kegagalan semacam itu akan terasa menyakitkan. 


Sebagaimana halnya jenis bonsai beringin yang lain, maka pada bonsai kimeng pun ketahanan hidupnya sangat tinggi asalkan dirawat dengan baik dan benar. Maka tidak mengherankan jika anda harus merogoh kocek yang lumayan banyak ketika bonsai yang akan anda beli usianya sudah sangat lama. Sebuah bonsai kimeng juara yang sudah mencapai usia ratusan tahun bisa saja dijual dengan harga ratusan juta pula, terutama ketika usianya itu ditunjang dengan bentuk yang menawan hati.


Maka dari itu, biasanya ada predikat elit pula yang diterapkan pada bonsai yang satu ini. Ada komunitas juga tempat anda bisa bergabung dan saling bertukar informasi ataupun pengalaman mengenai bonsai kimeng. Biasanya dari sesama kolektor anda akan mendapatkan banyak sekali tips dan trik seputar seluk beluk bonsai ini. Untuk tipe yang standar, biasanya pot yang digunakan berukuran 60 cm. Akan tetapi anda jelas juga harus menyesuaikannya seiring dengan tumbuhnya tanaman itu sendiri. Biasanya untuk menambah harga, pedagang bonsai menghias pot yang ditawarkan juga dengan tampilan yang membuat kombinasi tanaman tersebut makin nampak menarik dipandang.


Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan bonsai kimeng terbaik? Lakukan perawatan yang benar dengan memberikan wadah dan media yang memadai untuk bonsai kimeng. Maka anda akan menemukan tipe tanaman hias yang berdaun rimbun dengan tipe daun yang merupakan kombinasi antara beringin dan tipe serut. Batangnya yang tumbuh besar juga mengisyaratkan keindahan tersendiri khususnya karena itu akan mengingatkan anda pada batang beringin usia ratusan tahun yang menawan.