Bonsai Cemara Udang dan Cara Membentuknya Dengan Indah

Di antara berbagai jenis tanaman hias bonsai, bonsai cemara udang yang bisa dikatakan hanya populer untuk kalangan tertentu. Jelas ada sebab musababnya yang membuatnya seperti itu. Akan tetapi hal itu bukan berarti jenis yang satu ini tidak populer. Biasanya jenis yang satu ini mencitrakan kesan elit juga khususnya di mata mereka yang memang mengenal berbagai jenis yang ada sekarang ini. Tidak hanya membelinya sendiri, anda pun bisa juga mempraktekkan untuk membentuknya sendiri, khususnya ketika anda memang memiliki waktu luang untuk melakukannya. Hal ini tentunya tak bisa dilakukan setiap orang.


Untuk ciri khas bonsai cemara udang, anda akan menemukannya dengan melihat pada tipe tanaman bonsai yang memiliki batang berliku-liku dan dikombinasikan dengan dedaunan bergerombol. Jika dilihat sekilas maka daun-daunnya akan mengingatkan kita pada gumpalan awan, bedanya adalah warnanya yang hijau. Dibandingkan dengan berbagai jenis yang lain, maka ukurannya bisa dikatakan sedikit lebih besar dari yang lain, terutama dari bentuk umum bonsai serut. Meskipun demikian, jika anda mencari yang berukuran kecil, anda juga akan bisa menemukannya sekarang ini. Karena alasan yang sama, jenis yang satu ini seringkali dijadikan hiasan di luar rumah atau di taman misalnya.


Yang menyenangkan dari bonsai cemara udang ini adalah cara perawatannya yang relatif mudah. Dalam kaitannya dengan media yang digunakan, anda tak perlu terlalu sering menggantinya sebagaimana biasanya dianjurkan untuk jenis bonsai yang lain. Untuk yang satu ini, waktu standar untuk menggantinya adalah antara 4 sampai dengan 5 tahun sekali. Anda harus berhati-hati juga untuk tidak menggantinya terlalu kerap karena hal itu justru hanya akan membuat pertumbuhan jenis ini sedikit terganggu.

Membentuk Sendiri Bonsai Indah

Dibandingkan dengan membuat berbagai jenis yang lain, cara membentuk cemara udang terhitung lumayan sulit. Bukan hanya kesulitan yang mungkin dihadapi dalam kaitannya dengan pengadaan bahan, akan tetapi juga dalam praktek pembentukannya. Meskipun demikian, hal itu tidak akan menjadi halangan jika anda memang sudah yakin bahwa anda menginginkan membentuk sendiri bonsai cemara udang. Toh jika anda sudah mempraktekkannya, asalkan anda senang ketika mengerjakannya, hal yang sulit pun akan menjadi mudah atau minimal tidak sesulit yang anda bayangkan.


Satu hal yang juga harus diperhatikan saat anda sedang mencoba membentuk bonsai cemara udang yang indah adalah perawatan pertumbuhannya. Pertumbuhannya akan bagus jika anda memberi asupan pupuk yang banyak secara rutin. Durasi waktu yang umum digunakan untuk pertumbuhannya yang baik adalah antara dua sampai dengan empat minggu sekali. Gunakan pupuk yang mengandung kadar nitrogen lumayan tinggi, misalnya pupuk jenis Bayfolan. Akan tetapi jika kemudian anda melihat bahwa tanaman anda sudah benar-benar tumbuh dengan pesat, sebaliknya anda justru harus mengurangi penggunaannya secara bertahap.


Jika anda menginginkan untuk mendapatkan bonsai cemara udang bukan dengan cara membentuknya sendiri melainkan dengan membeli, maka anda harus menyiapkan dana yang lumayan. harga bonsai cemara udang di pasaran sekarang ini memang lumayan tinggi. Anda bisa mendapatkan tawaran yang lumayan standar misalnya sebesar 700 ribu, akan tetapi tidak menutup kemungkinan anda juga akan mendapatkan tawaran yang lumayan mahal misalnya 3 juta. Harganya memang berada pada kisaran demikian. Jelas anda harus siap merogoh kocek anda untuk mendapatkan bentuk yang bagus dan sesuai dengan idaman anda.