Beberapa Cara Membuat Bakalan Bonsai Unik

Beberapa cara membuat bakalan bonsai unik-Selain mencari bakalan bonsai dengan cara pemburuan, ternyata kita juga dapat membuat bakalan bonsai sendiri. Pembuatan bakalan bonsai sama seperti kita memperbanyak bakalan bonsai.

Melakukan perbanyakan bakalan bonsai merupakan hal yang paling sulit dilakukan. Karena perbanyakan ini memerlukan waktu yang cukup lama dan memerlukan ketelitian yang benar.


Pembuatan bakalan bonsai dapat dilakukan dengan berbagai cara, cara yang biasa digunakan dalam melakukan pembuatan bakalan bonsai yaitu dengan cara penanaman biji dan setek. Berikut ini adalah cara membuat bakalan bonsai yang baik dan benar :

Penanaman biji Untuk Bonsai

Untuk memperbanyak tanaman bonsai, kita bisa melakukan pembuatan bakalan bonsai dengan cara penanaman biji tanaman bonsai.

Jika kita melakukan perbanyakan dengan biji, kita harus melakukan penanaman biji dengan sabar. Karena melakukan perbanyak dengan biji ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jika memilih perbanyakan dengan cara melakukan penanaman biji, kita harus membuat pagar di sekeliling tanaman tersebut agar biji yang ditanam tidak dimakan oleh ayam atau hewan-hewan lainnya

Jika ingin mengetahui langkah-langkah perbanyakan biji dengan cara yang baik, dapat kita lihat langkah-langkah berikut ini:

Yang pertama yang harus dlakukan ialah kita harus mempersiapkan tempat untuk melakukan penanaman biji yang telah dicampur dengan tanah bakar, sekam bakar dan pupuk.
  • Pastikan tanah yang diberikan tidak ada hama dan penyakitnya. Sehingga layak untuk dijadikan media penanaman
  • Langkah selanjutnya ialah pemilihan biji yang akan ditanam. Pilihlah biji yang berkualitas unggul.
  • Lakukan penanaman di dalam polybag yang berukuran kecil dan sempit, setelah itu lakukan penyemprotan berulang kali agar tanaman dapat tumbuh dengan tanah yang lembab.

Setek Bakalan Bonsai

Selain biji, kita juga dapat melakukan perbanyakan bakalan bonsai dengan cara setek. Cara pengerjaan setek lebih sulit dibandingkan cara melakukan perbanyakan dengan menggunakan biji. Cara setek tentu sangat berbeda dengan perbanyakan menggunakan biji.


Perbanyakan dengan biji tidak dapat tumbuh dengan banyak. Sedangkan perbanyakan menggunakan setek, tanaman bisa tumbuh dengan banyak percabangan.

Semua tanaman bisa diperbanyak menggunakan cara setek, asalkan perawatannya dilakukan dengan baik. Maka semua tanaman bisa diperbanyak menggunakan cara setek.