Asal Mula Tanaman Bonsai Sebagai Tanaman Hias

Sebagian orang belum mengetahui asal mula tanaman bonsai, yang mereka tahu tanaman bonsai hanyalah sebuah tanaman yang biasanya di jadikan hiasan di rumah-rumah. Umumnya bonsai ini lebih dikenal sebagai tanaman kerdil yang tampak begitu indah dengan berbagai hasil penuangan karya seni dari tangan manusia. Nah perlu untuk diketahui pemirsa bahwa asal mula tanaman bonsai ini pertama kali nampak di China dengan sebutan penjing. Dimana seni dalam pemangkasan tanaman yang biasa disebut penjing oleh masayarakt China tersebut. Tanaman bonsai ini begitu sangat disukai oleh para pejabat kerajaan China ketika itu. Dalam pengembangan dari penjing (bonsai) sendiri, dilakukan oleh para biksu yang beragama Tao, yang mana pada tanaman ini merepentasikan salah satu pokok ajaran yaitu tentang bagaimana terciptanya keseimbangan serta keharmonisan manusia dengan alamnya.


Setelah kisah sejarah asal pemangkasan bonsai dan menjadi tanaman hias di China, ketika itu bonsai pun eksis sebagai seni pemangkasan yang khusus ditujukan sebagai tanaman hias dengan keeksklusifitasan keindahannya dalam berusaha semkasimal mungkin menampilkan bentuk yang tampak alamiah. asal mula tanaman bonsai sebagai tanaman hias dari China ini, ternyata semakin tampak alamiah dengan berbagai pemangkasan yang dilakukan di Jepang sebagai seni pangkas tanaman. Nah adapun asas terpenting dari seni pemangkasan bonsai ini ialah timbulnya harmonisasi antara manusia dengan alam. Untuk maksud sejati dari seni pemangkasan ini ialah dimana sang perawatan tanaman mendapatkan sebuah kepuasan batiniah yang tidak ternilai.

Perlu untuk diketahui juga, bahwa bonsai sebagai tanaman yang mempunyai keindahan khusus, maka janganlah mengira bahwa seni pemangkasan maupun perawatannya akan lebih mudah. Karena membutuhkan waktu kontiniutas yang cukup tinggi untuk memberikan hasil yang maksimal bagi sang tanaman bonsai tersebut. Tanaman bonsai yang berkualitas ini tidak hanya terlihat drai bentuk akar maupun bentuk batang. Dimana seni perkembangan bonsai bukan hanya di dalam ruangan namun juga menjadi keindahan luar ruangan. Nah keadaan ini memaksa tanaman bonsai untuk mempunyai ketahanan tubuh. Jadi pemirsa itulah sekilas pengetahuan mengenai asal mula tanaman bonsai sebagai tanaman hias dalam seni pemangkasan.