Akar Bonsai Yang Unik

Tanaman bonsai sangatlah di gemari,selain bentuknya yang unik dan minimalis juga dapat di gunakan sebagai pajangan di dalam ruangan. Bonsai termasuk tumbuhan yang cukup susah untuk dibuat. Membutuhkan waktu lama untuk membuat satu bonsai menjadi sehat dan menarik. Yang harus di perhatikan di sini adalah kesehatan dari akar bonsai tersebut. Maka di butuhkan perangsang akar bonsai untuk membuat bonsai makin sehat. Karena akar merupakan sumber dari kehidupan tanaman, jika akar di biarkan begitu saja maka tanaman tidak mampu hidup normal kembali. Sekarang sudah ada cara baru untuk pengobatan akar bonsai agar tetap sehat dengan menggunakan cara pengobatan. Cara ini akan lebih menghemat biaya dan tenaga namun hasilnya jauh lebih baik.


Di indonesia banyak sekali tanaman yang dapat di jadikan bonsai. Tanaman dengan iklim tropis di indonesia ini tak kalah saing dengan tanaman bonsai dari negara yang memiliki 4 iklim. Karena tanaman yang berasal dari iklim tropis memiliki keunikan dan keeksotisan tersendiri. Beberapa jenis tanaman yang dapat kita pilih menjadi bonsai adalah asam,cemara,beringin,jeruk,kelapa,sawo,pinus,shianto dan masih banyak yang lain nya. Tumbuhan yang sering di jumpai adalah bonsai beringin. Karena akarnya yang dapat menjuntai kebawah yang menjadi daya tarik tersendiri. Di sini saya akan memberi triks khusus untuk membuat akar bonsai beringin menjadi sehat dan di tumbuhi sulur yang cantik. Pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan pohon beringin yang akan di jadikan bonsai lalu tanam dalam pot dengan posisi yang anda inginkan. jangan lupa untuk menggunakan tanah yang bagus karena akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan bonsai tersebut. Biarkan tanaman tumbuh secara alami sampai akar penuh di dalam pot. 


Pada saat akar semakin banyak, otomatis tanah akan berkurang dan bahan makanan berkurang. Itulah yang merangsang akar sulur tumbuh dari bawah dan ada pula yang tumbuh dari cabang. Jangan pernah memangkas cabang dan ranting karena daun adalah tempat melakukan pemasakan bahan makanan yang di dapat oleh akar. Hal itu akan menyebabkan pohon menjadi kering bahkan terhambat pertumbuhannya. Jangan panik,itu bisa di atasi dengan menggunakan sedotan yang di sayat dan di masukan tanah basah. Ini bertujuan untuk memudahkan pelepasan akar yang sudah mulai tumbuh ke bawah. Setelah akar sudah sampai ke tanah anda tinggal lepas semua sedotan dan anda dapat melakukan pembentukan cabang dan penataan.


Menanam bonsai biasanya akar di bawah dan batang terletak di atas. Namun sekarang banyak orang yang menginginkan pangkalnya besar sedangkan batangnya semakin tumbuh ke atas semakin kecil. Tetapi beberapa pohon seperti sisir, serut, dan yang lainnya semakin tumbuh batang akan lebih besar daripada akarnya. Maka hal ini harus di siasati dengan menanamnya terbalik, batang menjadi akar dan akar menjadi batang. Jika anda ingin mencoba cara ini maka sangat di butuhkan kesabaran dan hati-hati, karena tanaman akan beresiko besar mati. Tidak biasanya tanaman di tanam secara terbalik. Biasanya orang menyebutnya sebagai bonsai akar terbalik. Yang harus anda lakukan adalah tutup semua bagian tanaman. Setelah tanaman hidup bukalah bagian akar yang sudah menjadi batang secara berkala. Jika batang sudah mulai di tumbuhi akar dan akar mulai di tumbuhi semai maka bonsai siap dipindahkan. Ini yang membuat bonsai menjadi mahal dan banyak di minati oleh kalangan kelas atas.