7 Jenis Tanaman Bonsai Paling Mahal

Share:
Tanaman bonsai mahal-Bonsai merupakan teknik perkedilan tanaman atau pohon yang berasal dari Jepang. Pembuatan tanaman hias bonsai yaitu menghasilkan miniatur dari pohon aslinya. Banyak sekali tanaman hias yang bisa dibuat bonsai.


Sedangkan tanaman hias yang akan dibuat bonsai dinamakan dengan bakalan bonsai. Terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh tanaman hias yang akan di bonsai, yaitu:
  • Memiliki umur panjang
  • Termasuk tanaman dikotil
  • Secara alami bentuk yang dimiliki indah
  • Tahan terhadap penderitaan
  • Tahan apabila mendapatkan perlakuan untuk dibentuk secara paksa
Selanjutnya adalah membahas tentang macam-macam tanaman hias yang bisa dijadikan bonsai, berikut penjelanyannya:

Asam Londo

Asam londo merupakan tanaman hias yang berasal dari dataran Amerika tropis. Ciri khas yang dimiliki oleh asam londo yaitu batangnya bisa besar, kokoh serta memiliki warna daun lebih tua dibandingkan dengan asam jawa.

Asam Jawa

Biasanya orang-orang memanfaatkan asam jawa sebagai peneduh jalan supaya sejuk dan juga rindang. Saat ini orang-orang sering membuat tanaman asam jawa menjadi tanaman bonsai.

Apabila tanaman ini di bonsai, terdapat beberapa perubahan darinya diantaranya yaitu ukuran daunnya kecil-kecil dan warna daunnya adalah hijau muda serta tersusun rapi, jika hari sudah gelap daunnya akan tidur.

Selain itu jarang menghasilkan buah, serta batangnya memiliki kesan tua karena terbelah-belah. Bonsai asam jawa paling cocok apabila ditanam di dataran rendah.

Asam Kranji

Apabila sudah di bonsai, batang asam kranji memiliki kesan tua dengan kulit yang keriput. Daun yang dimilikinya kecil-kecil dan tipis. Karena tanaman hias yang satu ini tahan di segala musim serta tanahnya, penyebarannya juga cukup luas.
Advertisement

Azalea

Azalea merupakan tanaman perdu yang berasal dari Jepang dan Cina yang suka dengan dataran tinggi dan lembab sehingga banyak tempat yang tidak cocok untuk tanaman ini.

Bonsai azalea memiliki keindahan tersendiri yaitu terletak pada bentuknya yang begitu cantik serta warna merah ungu yang dimiliki oleh bunganya.

Beringin

Pohon beringin banyak sekali di jumpai di Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke.Ciri khusus yang dimiliki oleh tanaman beringin yaitu daunnya yang memiliki warna hijau mengkilap serta batangnya yang memiliki akar selur.

Bougenvil

Daya pikat dari bonsai bougenvil yaitu pada bunganya. Hal itu karena bunganya memiliki warna yang mencolok, ada yang ungu, jingga, putih, dan merah cerah. Terkadang bunganya bisa lebat sehingga memenuhi satu pohon. Batangnya ada banyak duri serta bentuk hati dimiliki oleh daunnya.

Cemara Udang

Keunggulan dari cemara udang yaitu tahan dari hama, penyakit dan juga kekeringan. Selain itu cemara undang memiliki batang yang keras serta alur yang indah, daunnya yang segar dan tipis serta ditunjang pula oleh bonggol yang besar dan berlekuk-lekuk, ditambah juga dengan ukiran pada batangnya membuat tampilan bonsai cemara udang menjadi begitu menarik dan eksotis.

Untuk mendapatkan bakalan bonsai, dapat diperoleh dari alam atau dari hasil mencangkok, setek, biji, okulasi atau enten. Supaya pembuatan bonsai dan pemeliharaannya berhasil, kita harus bisa memilih tanaman hias yang tepat sesuai dengan kriteria yang ada.