6 Jenis Tanaman Hias Bagus untuk Dijadikan Bonsai

Share:
Tanaman Bonsai – Jepang dan Cina merupakan dua negara yang pertama kali memperkenalkan seni “mengkerdilkan” pohon agar terlihat indah dan menarik. Untuk bisa membuat tanaman bonsai dengan bentuk yang unik memerlukan sebuah keahlian khusus. Hal inilah yang membuat harga tanaman bonsai bisa mencapai ratusan juta tergantung pada bentuk dan usia tanaman tersebut.
Di Indonesia, bonsai biasanya digunakan sebagai dekorasi eksterior dan interior sehingga menambah kesan eksotis pada tempat tersebut. Ada beberapa jenis bonsai yaitu Bonsai Serut, Bonsai Kelapa, bonsai beringin dan masih banyak yang lainya.
Tidak semua jenis tanaman biasa dibuat bonsai, biasanya tanaman yang bisa dibuat bonsai merupakan jenis tanaman yang mempunyai usia panjang, memiliki batang yang keras dan daun yang lebat. Selain itu, tanaman tersebut mempunyai bentuk dasar yang indah serta bisa dikembangkan dengan cara vegetatif atau stek.
Kamu harus merawat tanaman bonsai agar bisa tumbuh dengan baik dan indah. Di Indonesia ada banyak tanaman yang bisa digunakan untuk membuat bonsai. Berikut ini ada beberapa jenis tanaman yang sangat bagus untuk dijadikan tanaman bonsai.

1. Bonsai dari Asam Londo

Tanaman asam londo sebenarnya sangat mirip dengan asam Jawa. Yang membedakannya adalah asam londo merupakan tanaman yang berasal dari luar negeri sedangkan asam Jawa adalah tanaman asli dari nusantara. Tanaman yang satu ini sengaja didatangkan dari luar negeri khusus untuk membuat tanaman bonsai.
Salah satu kelebihan dari pohon asam londo yakni memiliki umur yang panjang, batang yang kokoh dan bentuk yang unik. Oleh karena itulah banyak orang yang menggunakan tanaman ini sebagai tanaman bonsai.

2. Bonsai dari Tanaman Beringin Karet

Tanaman yang satu ini memiliki batang yang mudah untuk dibentuk. Hal ini karena batang pohon beringin karet mempunyai karakteristik lentur seperti karet. Bentuk pohon beringin mempunyai bentuk yang bagus dan menarik sehingga sangat cocok untuk dibuat tanaman bonsai. Selain itu pohon ini juga memiliki daun yang lebat sehingga akan menjadi bonsai yang sangat unik dan menarik. Pohon beringin banyak ditanam di sekitar rumah untuk dijadikan tanaman hias sekaligus sebagai tempat bernaung.

3. Bonsai Cemara Duri

Secara umum cemara merupakan tanaman yang memiliki tektur kayu keras serta serat kayu melingkar yang unik. Pohon ini bisa hidup sangat lama bahkan ada yang bisa bertahan sampai ratusan tahun. Oleh karena itulah banyak yang menggunakan pohon ini sebagai tanaman bonsai.
Cemara duri mempunyai bentuk daun yang meruncing serta sangat banyak. Batang pohon cemara duri juga sangat mudah untuk dibentuk sehingga bisa dibuat tanaman bonsai dengan bentuk yang unik. Biasanya hasil bonsai tanaman ini dijual dengan harga yang lumayan tinggi.

4. Tanaman Bonsai Santigi

Di Taiwan tanaman ini jenis ini sangat populer untuk dijadikan bonsai, sedangkan di Indonesai masih belum banyak yang tahu. Hal ini dikarenakan santigi tergolong jenis tanaman yang belum lama digunakan sebagai bonsai. Santigi memiliki 2 jenis yakni santigi gunung dan santigi laut, jenis yang pertama hidup di habitat dekat pantai sedangkan yang kedua menyukai daerah tinggi.
Santigi gunung berbunga lebih besar dengan warna merah bagus. Santigi laut biasanya lebih kerdil dan penampilan tanamannya lebih bagus sebagai bonsai. Untuk mendapat bonsai santigi yang apik, daun-daunnya yang tumbuh berlebih harus rajin dipangkas.

5. Bonsai Bunga Bougenville

Daya tarik dari bonsai yang satu ini terletak pada bunganya yang sangat ini. Bunga bougenville biasanya mempunyai warna cerah yang sangat mempesona. Apalagi bila bonsai dari tanaman ini dipenuhi dengan bunga begitu lebat, akan tampak sangat indah. Tanaman ini memiliki banyak variasi warna bunga, diantaranya adalah warna ungu, merah cerah, jingga dan putih.

6. Bonsai Azalea

Tanaman azalea merupakan tanaman dengan bunga yang sangat indah. Pohon ini memiliki bunga dengan warna cerah yang menawan. Tanaman ini banyak dibuat bonsai di negara asalnya yakni Cina. Sedangkan di Indonesai belum banyak yang menggunakan tanaman ini sebagai bonsai. Warna merah pada bunga ini sangat dominan, oleh karena itu banyak dari etnis Cina yang menyukai bonsai dari tanaman ini.

No comments