5 Jenis Tanaman Bagus Dijadikan Bonsai Unik

Share:
Tanaman Bonsai Unik-Bagi anda para pecinta bonsai baik professional terutama bagi pemula, penting untuk mengenal beberapa jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai. Karena jenis tanaman bonsai akan menentukan hasil bonsai yang anda inginkan. Berikut informasi tentang jenis-jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai:

Pohon beringin

Pohon beringin ini begitu banyak ditemukan di Indonesia bahkan dijadikan sebagai salah satu lambang yang sila dari pancasila.


Karena begitu berciri khas Indonesia dan terkensan keramat para pecinta bonsai dalam komunitas PPBI berkeinginan menjadikannya sebagai tanaman bonsai khas Nusantara.

Jenis tanaman bonsai ini memiliki akar sulur dan daun hijau yang mengkilap . berbagai jenis style bisa diaplikasikan pada pohon beringin ini bak mame bonsai maupun bonsai besar.

Asam jawa

Bagian yang memikat dari asam jawa adalah dari bentuk daun dan batangnya. Selain itu jika dibonsai maka buahnya akan jarang muncul. Warna daun yang hijau dengan ukuran kecil yang ketika akan tertidur katika suasana gelap dengan tatana rapi begitu jarang dimiliki oleh jenis tumbuhan lain.

Tekstur pada batang asam sangat terkesan tua karena terbelah namun tampak artistic dan unik. Jenis tanaman bonsai ini rata-rata dimiliki para pebonsai. Tanaman ini sangat sesuai hidup di dataran tinggi dan dingin semisal puncak, asam jawa juga bisa hidup di dataran rendah semisal kota Jakarta.

Bougenvil

Daya pikat yang paling utama dari tanaman Bougenvil ini terletak pada bentuk batang, daunnya dan warna bunganya yang begitu mencolok. Batang jenis tanaman bonsai ini dipenuhi oleh duri dan daunnya memiliki bentuk yang unik yakni bentuk hati.

Selain itu ada banyak warna bunga yang dimiliki tanaman Bougenvil seperti: ungu, merah cerah, putih dan ungu. Tanaman Bougenvil bisa anda temukan di kota Cibodas Jawa Barat namun aslinya berasal dari Brazil.

Tanaman Cantigi

Jenis tanaman bonsai ini belum dikenal belum lama bagi para kalanga pecinta bonsai. Cantigi memiliki 2 jenis yakni Cantigi laut yang menyukai pantai dan Cantigi gunung yang menyukai daerah dataran tinggi.

Cantigi laut memiliki penampilan yang lebih baik untuk dijadikan bonsai karena lebih kerdil, namun anda mesti rajin memangkas untuk memperoleh bonsai dengan kualitas bagus karena daunnya yang tumbuh lebih lebat. Sedang cantigi gunung mempunyai warna merah yang lebih bagus dan bunga yang lebih besar.

Bunut

Pohon Bunut atau tanaman lo ini memiliki keunikan penampilan batang yang tidak kalah pamor. Struktur batang pohon Bunut tidak terlalu keras dan berwarna lebih putih dari pada keuarga Ficus lain.


Jenis tanaman bonsai ini memiliki daun yang sedikit memanjang sehingga untuk membulatkan dan mengecilkannya tidak diperlukan teknik training khusus. Selain itu Bunut mempunyai batang layaknya tumbuhan tua yang kokoh dan akar yang menjuntai dari batang.

Sehingga dengan memilih tanaman ini untuk bonsai akan membuatnya terkesan pohon tua berukuran mini yang unik dan bernilai artistic.

Ada banyak pohon yang bisa anda jadikan bonsai, anda bisa memilih bonsai dengan criteria hasil yang ingin anda miliki dan berkonsultasi dengan pemilik atau karyawan toko tanaman terdekat anda.