Bonsai Asam yang Mempesona

Bonsai Asam – Jika anda sedang bingung mencari pohon apa yang cocok untuk bonsai, coba gunakan pohon asam jawa. Kelebihannya adalah memiliki batang yang ulet sehingga tak akan patah jika di bentuk sehingga kita dapat membentuk sesuka kita. Bentuk daun asam jawa yang kecil juga menjadi nilai tambah tersendiri yang membuat asam jawa banyak di minati jadi bakalan bonsai.jika bonsai sudah jadi maka bisa jadi harga bonsai asam termahal. Mencari bakalan asam jawa tidak lah sulit karena banyak sekali terdapat di seluruh indonesia tapi entak kenapa di namakan pohon asam jawa. Ada tiga cara membuat bonsai asam jawa yaitu dengan menyemai bijinya, melakukan stek, atau dengan mengambil bakalan bonsai dari alam. Jika bonsai asam jawa sudah besar maka akan terlihat seperti pohon beringin. Jadi bagi anda yang memiliki budget sedikit anda dapat menggunakan asam jawa sebagai alternatif lain. Lalu bagaimana cara merawatnya? Jangan takut, merawat tanaman ini tidak rumit dan relatif mudah. Cukup sediakan media tanah yang sedikit berpasir. Pilihlah bibit secara teliti karena ini dapat mempengaruhi tumbuhnya bonsai. Untuk pemilihan pot anda dapat memilih pot yang di gunakan untuk bonsai beringin. Mudahnya merawat bonsai asam jawa ini menjadi alasan orang banyak memilihnya.bonsai-asam-unik


Banyak kelebihan yang di miliki dari bonsai asam jawa, yaitu tipe batang yang alot sehingga menampilkan tanaman hias yang indah. Bonsai asam jawa termasuk kedalam golongan bonsai yang memiliki umur panjang. Melihat batang dan ranting yang erat memberikan rasa teduh dimanapun anda meletakkannya. Dan tidak di pungkiri dengan harganya yang murah membuat siapapun ingin memilikinya. Jika bonsai anda ingin menjadi bonsai asem jawa juara anda tinggal membuat batangnya menjadi unik dan mulailah mengikuti kontes agar menambah nilai jual di pasaran. Terkadang orang melupakan bagaimana proses pembuatan bonsai sehingga menjadi cantik dan indah. Misalnya harga dari bonsai yang perawatannya dari biji akan lebih mahal dari bonsai yang hanya tinggal membentuk batangnya. Tetapi anda juga dapat meraih keuntungan dengan leluasa ketika anda memulai proses dari pembentukan batang, karena anda sendiri yang akan menentukan bagaimana batang itu terbentuk.



Meski harga bonsai asam jawa tidak mencapai ratusan juta, bukan berarti bonsai asam jawa yang paling mahal dapat anda abaikan. Seperti beberapa jenis bonsai asam jawa tertentu akan membuat kantong anda cukup terkuras. Satu bonsai yang sudah jadi biasanya dibandrol dengan harga 7 jutaan, namun jika anda memilih untuk membuatnya sendiri maka anda tinggal membeli bakalannya sekitar 50ribuan saja. Asam jawa sangat cocok hidup di dataran rendah dan biasanya digunakan sebagai peneduh di pinggir jalan. Tanaman ini dapat mencapai 15 sampai 25 meter dan diameternya sekitar 1 meter. Tanaman ini juga dapat berbunga dengan bentuk bunga yang kecil-kecil namun mudah rontok membuat kita seolah-olah sedang melihat musim gugur dalam miniatur pohon bonsai daun yang berselang-seling di padukan dengan batang yang berwarna coklat kehitaman terlihat sangat indah. Dan ada juga bonsai asam belanda yang memiliki warna dasar daunnya yang lebih tua dari asam jawa biasa. Tanaman ini diduga berasal dari amerika. Jika anda ingin menjadikan bonsai asam jawa terbaik selalu rawat dengan baik bonsai asam jawa yang sudah anda buat. Maka akan menambah nilai seni dan nilai jual yang tinggi.